Ini Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang Praktis dan Cepat
IloveIMG menyediakan beberapa fitur yang mempermudah pengguna untuk memperkecil foto. (foto: ilustrasi)

Bagikan:

JAKARTA- Sering kali pengguna internet khususnya di media sosial dihadapkan pada kesulitan saat mengunggah foto dalam akunnnya. Hal ini disebabkan karena ukuran foto yang terlalu besar. 

Ini bisa menyebabkan unggahan kita mendapatkan penolakan dari situs masing-masing. Apalagi jika foto tersebut hasil jepretan kamera DSLR yang mempunyai resolusi besar. 

Selain itu, terkadang kita juga ingin mengunduh foto atau file foto  dari internet untuk disimpan di komputer atau ponsel kita. Namun ternyata unduhan tidak berhasil karena file terlalu besar. 

Terkadang juga memori penyimpanan kita yang sudah hampir penuh sehingga menyulitkan penyimpanan file-file foto tersebut. 

Namun jangan khawatir lagi soal itu. Beberapa website telah menyediakan cara memperkecil ukuran foto secara otomatis dengan mudah dan cepat. Bahkan terdapat website yang bisa memperkecil beberapa foto secara sekaligus sehingga lebih memudahkan kita saat ingin memperkecil file foto. 

Salah satu website itu misalnya: IloveIMG. (https://www.iloveimg.com)

Di website ini bisa langsung memperkecil beberapa foto secara sekaligus. Bahkan bisa mencapai puluhan foto langsung diperkecil. Hebatnya lagi, pengguna bisa memilih berapa persen foto akan dikecilkan. Mulai dari 25 persen, 50 persen, hingga 75 persen. 

Caranya juga sangat mudah. Tinggal klik upload foto-foto yang akan diperkecil. File foto yang bisa diperkecil mulai dari ektensi JPG, PNG, SVG atau GIF.

Kemudian tentukan berapa persen pengecilan yang ingin dilakukan. Selanjutnya kita tinggal didownload hasilnya. Jika banyak foto yang ingin diperkecil, maka hasilnya juga sudah dalam bentuk file zip, yang lebih simple. 

Di website ini juga menyediakan rezise foto, crop foto, konversi foto ke ektensi file lain dan beberapa macam fitur lainnya.   Bagi blogger yang menggunakan WordPress, juga disediakan plugin. 

Selain itu ada pula fitur yang bisa membuat meme, memberikan watermark untuk foto, memutar foto (rotate) dan beberapa fitur asyik lainnya. 

Namun yang terpenting dari semua itu, adalah iloveIMG menyediakan versi gratis yang cukup komplet. Namun jika ingin semua fitur yang ada, maka versi berbayar bisa menjadi pilihan.