Majukan Industri Teknologi Tanah Air, Tokopedia Gelar Start Summit Secara Virtual
Dok. Tokopedia

Bagikan:

JAKARTA - Melihat antusiasme tahun lalu begitu sukses, Tokopedia melalui Tokopedia Academy kembali menggelar "Start Summit". Acara ini bakal digelar pada Sabtu 3 Juli mendatang secara daring.

Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison menjelaskan Start Summit merupakan acara berbagi ilmu dalam konferensi teknologi. Pertama kali, Start Summit di gelar di Mal Kota Kasablanka, Jakarta pada tahun lalu.

Leontinus mengatakan, kali ini Start Summit 2021 mengusung tema ‘Transforming Indonesia Through Technology' bertujuan untuk mendorong pertumbuhan talenta digital di Indonesia.

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui Start Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industrial teknologi Indonesia," ungkap Leontinus saat konferensi daring "Road to Start Summit 2021", Rabu 30 Juni.

Dijelaskan Leontinus, terdapat tiga topik utama yang akan dibahas pada Start Summit 2021, yaitu Core Engineering, Infrastructure dan Productivity serta Data. Sederet talenta digital Tokopedia akan membagikan berbagai informasi mulai dari pemrograman, pengembangan produk, pengelolaan kampanye yang terintegrasi, strategi multi-cloud dan berbagai inovasi lain.

Selain Leontinus, hadir pula CTO dan Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja, Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin Tanu Utomo, serta sederet talenta digital Tokopedia lainnya yang akan berbagi sesi dalam acara tersebut.

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini dapat diikuti melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia serta situs Tokopedia Academy pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. 

Seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia Start Summit 2021 ini dapat diakses secara gratis. Masyarakat cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Di sampaikan juga oleh Herman, Tokopedia secara terbuka memberikan peluang bagi perusahaan teknologi lainnya untuk berkolaborasi dalam gelaran Start Summit ini.

"It's take many people to tango, perlu kerja sama dengan semua tim dalam growing this digital talent. Jadi saya encourage semua developer technology. Yuk kita sama-sama," ujar Herman.

"Kita membuka kerja sama dengan berbagai universitas, learining partner dan goverment. Saya sangat mendukung, yuk kita bikin bareng-bareng untuk mendukung digital talent Indonesia," imbuhnya.

Selain Start Summit, Tokopedia juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya Start Summit Extension, Start Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI.

Pertama, program Magang Bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.