Retail Summit 2022, Upaya Hippindo Bangkitkan Industri Retail Tanah Air
Foto Dok Kemendag

Bagikan:

JAKARTA - Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menggelar program tahunan baru yakni Indonesia Retail Summit.

Acara ini akan berlangsung pada Agustus mendatang di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, bertepatan dengan momentum perayaan hari jadi Sarinah.

Kegiatan Konferensi Pers hari ini diselenggarakan secara eksklusif di Kantor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bersama dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dan Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah menjelaskan, Retail Summit 2022 ini, akan dibingkai dengan rangkaian acara seperti retail conference, retail exhibition hari belanja diskon Indonesia 2022 atau HBDI dan peresmian hari retail modern Indonesia (Harmoni).

"Indonesia Retail Summit merupakan upaya HIPPINDO untuk membantu pemulihan ekonomi nasional dan berfokusuntuk memulihkan kembali retail offline melalui kolaborasi dengan produk lokal maupun global," katanya saat konferensi pers secara virtual, Kamis, 14 Juli.

Budi mengatakan, Indonesia Retail Summit ini disinergikan melalui joint venture, investasi, pembukaan pabrik yang bertujuan untuk membuka peluang kerjasama lainnya untuk industri retail, meningkatkan lapangan pekerjaan, hingga pendapatan negara melalui pajak.

"Indonesia Retail Summit ini diharapkan bisa menjadi wadah yang dapat memaksimalkan industri retail hingga tumbuh secara optimal," jelasnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, Indonesia Retail Summit menjadi program tahunan dari HIPPINDO yang dihadirkan khusus untuk para peretail, sejalan dengan kesuksesan dari berbagai program yang juga hadir bertepatan di hari Indonesia Retail Summit ini, mulai dari 15 hingga 28 Agustus 2022.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atas dukungan, sinergi, dan kerja sama yang luar biasa, hingga akhirnya kami bisa bersama-sama membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional melalui program tahunan Hippindo, Indonesia Retail Summit ini," ujarnya.

Ketua Indonesia Retail Summit, Anne Patricia Sutanto menambahkan, latar belakang dihadirkannya program Indonesia Retail Summit ini untuk memberikan semangat, motivasi, dan peluang kepada para peretail tanah air agar bisa berdaya saing kembali seperti di situasi sebelum pandemi.

"Kami berharap, program tahunan ini bisa menjadi kawan dari perjalanan industri retail di Indonesia untuk berkembang, tidak hanya dari cakupan nasional, tetapi juga kancah internasional yang juga didukung oleh wadah asosiasi Hippindo," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen HIPPINDO melalui Indonesia Retail Summit 2022.

Sebab, industri retail sempat terdampak selama kurang lebih 2 tahun belakangan ini akibat pandemi COVID-19.

"Para peretail mengalami penurunan, baik dari segi daya beli, hingga transaksi. Perubahan zaman, yang sekarang sudah canggih karena adanya integrasi dengan marketplace atau digitalisasi, maka perkembangan industri retail juga perlu untuk ditingkatkan," ujar Zulkifli.

Zulhas saapan akrab Zulkifli Hasan berharap acara tersebut dapat menjadi wadah sosialisasi untuk para peretail di Indonesia agar dapat terus berkembang dan peran kami dalam menjadikan industri retail tumbuh secara maksimal.

"Sekaligus mendukung perputaran perekonomian nasional," katanya.