Apple Beri Surat Teguran Pada Leaker, Anggap Mereka Rugikan Perusahaan
Ilustrasi (Alexander Schimmeck /Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) Apple sepertinya cukup khawatir jika informasi produk yang belum diluncurkan bocor ke publik oleh para leaker. Hal itu dibuktikan bahwa Apple telah mengirim surat peringatan pada salah satu leaker andal.

Mengutip 9to5Mac, Senin 28 Juni, adapun Kang, salah seorang pembocor yang cukup produktif dan andal terkait berita produk Apple. Kang memposting dalam akun Weibo-nya, bahwa ia telah menerima surat peringatan dari pengacara yang mewakili Apple.

Dengan ini, Apple cukup melangkah lebih jauh lagi, sebab bukan hanya Kang, tetapi perusahaan juga mengirimkan surat peringatan pada leaker lainnya. Namun, pembocor terpercaya L0vetodream di Twitter mengklaim bahwa mereka belum menerima surat dari pengacara Apple terkait kebocoran tersebut.

Dalam surat itu, Apple memperingatkan para leaker tidak boleh mengungkapkan informasi tentang produk atau proyek dari Apple yang belum dirilis secara resmi. Hal itu karena pembocoran dapat merugikan perusahaan dengan memberikan informasi berharga kepada pesaing Apple.

Pihak Apple pun mengakui, mereka telah menyimpan konten-konten dari Kang dalam akun Weibo miliknya. Perusahaan mengambil tangkapan layar pada informasi yang diunggah Kang, di mana ia mengulas tentang permasalahan produk Apple. Ini juga dilakukan pada ulasan Kang yang meliputi tanggal rilis dan saran pada para pengikutnya untuk produk Apple.

Melihat teguran itu, lantas Kang membela diri jika ia tidak pernah mempublikasikan gambar dari produk atau proyek yang masih belum dirilis secara resmi oleh Apple. Kang mengatakan kalau Apple harus bisa membedakan muatan informasi yang tergolong tindakan pembocoran, dengan muatan informasi yang berisi prediksi dan ekspektasi.

Sedangkan, argumentasi Apple tentang muatan informasi yang dihasilkan leaker akan merugikan perusahaan ini dibantah oleh Kang. Ia mengatakan jika surat peringatan itu tidak tepat untuk disasarkan padanya. Kang juga tidak peecaya jika terkait muatan informasi yang berisi ekspektasi dan prediksi itu akan digunakan secara efektif oleh pihak lain untuk menyaingi Apple dan akhirnya bisa merugikan perusahaan. 

Secara tegas, Kang sangat menyesalkan tindakan dari Apple yang akan mengawasi setiap postingan di akun Weibo miliknya. Ia menyatakan tidak akan lagi memposting ekspektasi dan prediksi terkait produk-produk Apple. Selain itu, Kang juga akan menghapus seluruh postingan sebelumnya, yang memuat informasi terkait.

Sementara, Apple juga membuat perubahan pada proses pengembangan internalnya untuk mencegah kebocoran perangkat lunak. Dalam file internal iOS 15 beta 1, setiap fitur utama yang diperkenalkan tahun ini memiliki pengidentifikasi unik yang dikaitkan dengan persyaratan pengungkapan.

Sepanjang pengembangan internal iOS 15, Apple hanya mengaktifkan fitur dan perubahan tertentu untuk insinyur dan desainer yang terbatas, sehingga mengurangi jumlah karyawan Apple yang mengetahui detail tentang perubahan iOS 15.