Kyocera DuraXV Ponsel yang Bisa Diajak Cuci Tangan
Ponsel tangguh Kyocera DuraXV (dok. PCMag)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak pandemi COVID-19 merebak, orang jadi sangat memperhatikan dan menjaga kebersihan. Bahkan bila perlu, benda seperti ponsel juga ikut dicuci dengan sabun agar bersih dari virus dan bakteri penyakit.

Melansir dari PCMag, ponsel berdesain clamshell bernama Kyocera DuraXV diklaim bisa diajak basah-basahan dan dicuci dengan sabun. Tak hanya itu, ponsel buatan Kyocera International Inc, ini juga tahan benturan dan cuaca eksrem. 

"DuraXV Extreme dibuat untuk alat komunikasi yang dapat diandalkan dalam kondisi kerja yang tangguh. Powerhouse Kyocera yang baru sudah berstandar militer dan dibekali perlindungan tahan air IP68. Sangat ideal untuk pekerja konstruksi, pemerintahan, dan tenaga medis," tulis Kyocera mempromosikan produknya.

Kendati bukan ponsel pintar yang banyak fitur. Gawai tangguh asal Amerika Utara ini masih dibekali sistem operasi Android open-source untuk mendukung fungsi utamanya sebagai alat komunikasi.

Mengusung ponsel lipat atau clamshell, DuraXV masih memiliki tombol fisik yang dibekali layar berukuran 2,6 inci. Meski terbilang kecil, ponsel ini mendukung fitur navigasi, e-mail, dan aplikasi chat

Sebagai ponsel tangguh, DuraXV dibekali sertifikasi dengan standart militer MIL-SPEC 810G yang membuatnya tahan akan debu, guncangan, hujan, tekanan rendah, radiasi matahari, kelembaban, dan hujan es. Terdapat baterai 1.530 mAh removable untuk mendukung daya tahan ponsel hingga 18 hari.

Kyocera juga tidak pelit untuk menyematkan ponsel tangguhnya dengan kamera beresolusi 5 MP dan sebuah LED flash. Meski fiturnya terbatas, ponsel ini menggunakan chipset MSM8909 dengan kecepatan 1.1 GHz dan RAM 2 GB serta memori internal 16 GB.

Meski bukan ponsel umum yang dijual di pasaran. Kyocera membanderol DuraXV dengan harga 240 dolar AS atau sekitar Rp3,7 jutaan.