Pengguna Galaxy A12 dan A02S Sudah Bisa <i>Update</i> One UI 3.1, Gini Caranya
Samsung Galaxy A12 (Expert Reviews)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan Februari lalu, Samsung memperbarui kebijakan pembaruan keamanan untuk HP Android produksinya. Dalam dokumen tersebut, Samsung menyatakan bahwa setiap produk keluarannya bakal mendapat jatah pembaruan keamanan hingga empat tahun mendatang.

Dan kini, janji tersebut sukses diwujudkan perusahaan. Baru-baru ini, Samsung memberikan pembaruan keamanan untuk dua ponsel miliknya, yakni Galaxy A12 dan Galaxy A02S.

Seperti diketahui, kedua ponsel tersebut diluncurkan perusahaan pada bulan Desember lalu. Saat rilis, kedua HP Samsung murah ini sudah menjalankan sistem operasi Android 10.

Berkat pembaruan, kedua ponsel itu kini sudah bisa dilapisi OS One UI 3.1 yang dikembangkan berdasarkan Android 11. Artinya, fitur-fitur yang akan pengguna dapatkan pun tak jauh berbeda dengan fitur Android 11.

Tampilan One UI 3.1 (Movilzona)

Fitur Anyar Pada One UI 3.1

Pembaruan ini pertama kali dilaporkan oleh SamMobile. Namun, sayangnya, pembaruan baru bisa dilakukan oleh pengguna Galaxy A12 dan A02S yang berada di Rusia saja.

Memang, belum ada informasi resmi terkait peluncuran firmware terbaru ini. Hanya saja, banyak pihak memperkirakan bahwa perusahaan bakal melakukannya tak lama lagi. Cuma waktunya saja yang belum diketahui secara pasti.

Berdasarkan hasil uji coba SamMobile, ada banyak fitur anyar yang nantinya bisa dipakai pengguna Galaxy A12 dan A02s –jika sudah memperbarui OS menjadi One UI 3.1. Fitur-fitur itu seperti tampilan yang lebih segar, widget pada layar yang terkunci, pengijinan satu kali, gelembung chat, peningkatan keamanan, dan masih banyak lagi.

Cara Update One UI 3.1 Samsung

Sebenarnya, tidak diperlukan langkah khusus agar Anda bisa memperbarui UI Samsung pada perangkat. Anda cukup menunggu hingga Samsung Mobile meluncurkan pembaruan firmware untuk wilayah Indonesia.

Nantinya, saat firmware sudah diluncurkan, Anda akan mendapat pemberitahuan pada jendela mengambang. Sedangkan jika belum tahu, begini cara update One UI 3.1 Samsung yang akan Anda dapatkan nanti.

Pertama, pastikan HP Anda terhubung pada koneksi WiFi yang stabil dan lancar. Pasalnya, proses pembaruan ini membutuhkan perangkat untuk mengunduh data kemudian memasangnya.

  1. Selanjutnya, buka aplikasi Pengaturan.
  2. Ketuk menu Software Update atau Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Ketuk menu Download and Install atau Unduh dan Pasang.
  4. Tunggu beberapa saat hingga file terunduh, lalu ketuk tombol Perbarui yang muncul di layar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memperbarui layanan sistem operasi UI pada HP Samsung yang dipakai. Lantas, bagaimana jika tidak muncul pemberitahuan terkait pembaruan One UI?

Seperti disinggung di awal, Samsung kini hanya menyediakan pembaruan hingga empat tahun untuk seluruh perangkatnya. Maka, cek dulu berapa usia HP Samsung yang Anda gunakan. Jika lebih dari empat tahun, artinya perangkat sudah tidak mendapatkan jatah pembaruan lagi.