Jangan Segan Berkonsultasi Daring Bila Harus Isolasi Mandiri di Rumah
Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih (dok. BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih meminta masyarakat untuk tidak khawatir, bila harus melakukan isolasi mandiri selama pandemi COVID-19. Meski tetap berada di rumah, para dokter akan siap melayani masyarakat untuk berkonsultasi kesehatan secara daring. 

Kata Daeng, IDI bersama pemerintah telah menyiapkan layanan konsultasi jarak jauh menggunakan aplikasi kesehatan telemedicine. Sehingga pasien yang berada di rumah tetap bisa mendapatkan pengawasan medis. 

"Kawan-kawan tidak ditinggal sendirian. Tetap diawasi, tetap diobservasi, sehingga kawan-kawan yang isolasi di rumah tetap bisa berhubungan dengan petugas kesehatan," kata Daeng di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis, 16 April. 

Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan sejumlah platform yang menyediakan layanan telemedis. Beberapa di antaranya adalah Gojek, Grab, Halodoc, SehatQ, GrabHealth, DokterSehat, Alodokter, Link dan Link Sehat, Klikdokter, dan MouDok. 

Tangkapan layar GrabHealth (Aditya Fajar/VOI)

Lewat platform tersebut, masyarakat bisa melakukan konsultasi atau menerima pesan-pesan yang harus dilakukan selama berada di rumah, serta menerima instruksi kapan harus dilakukan pemeriksaan selanjutnya.  

"Jangan segan-segan. Silakan mempergunakan platform telemedis jika memerlukan advice, konsultasi, petunjuk- bagaimana cara yang baik menjaga kesehatan, dan bagaimana caranya mencari pertolongan untuk pemeriksaan lanjutan," ungkap Daeng.

Sebagai informasi, data kasus COVID-19 di Indonesia per tanggal 16 April 2020 pukul 12.00 yaitu sebanyak 5.516 orang positif, 548 orang sembuh, 496 jiwa meninggal, 11.873 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 169.446 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Konsultasi Dokter di Instagram

Pemerintah juga telah melakukan pemeriksaan laboratorium yaitu uji PCR pada 39.706 spesimen dari 34.975 orang dengan menggunakan 32 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, sejumlah dokter juga memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk menyebarkan informasi kesehatan dan konsultasi gratis. Lewat akun instagram para dokter ini siap menjawab pertanyaan seputar COVID-19, melalui postingan Feed, Stories dan IGTV.

Sebab tak sedikit masyarakat yang khawatir dan ragu untuk meminta pertolongan medis di tengah pandemi virus corona. Apalagi mengunjungi rumah sakit saat ini cukup berisiko karena bisa menjadi tempat penyebaran COVID-19.

Berikut sejumlah akun dokter dan tenaga medis Indonesia yang membagikan informasi seputar COVID-19 di Instagram. Beberapa di antaranya adalah dr. Alghufron, MMR (@alghufron), dr. Dianca Oetama (@dianca.oetama), dr. Mesty Ariotedjo (@mestyariotedjo), dr. Putu Ayuwidia Ekaputri (@diadiawidia), dr. Anton Tanjung (@antontanjung), dan dr. Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro).