Jangan Buru-Buru Jual Ponsel Lawas, Siapa Tahu Masih Berguna
Ilustrasi smartphone (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap tahun ada saja ponsel baru yang bermunculan dengan membawa teknologi yang lebih canggih. Kondisi ini membuat kita selalu tergoda ingin mengikuti tren dengan membeli ponsel baru.

Namun, bagaimana nasib ponsel lama Anda? Jika kondisi masih bagus, kemungkinan masih akan laku untuk dijual. Jika tidak, jangan dulu dibuang ya. Ternyata, ponsel lama masih dapat dialihfungsikan dengan cara lain dan bisa jadi bermanfaat, sebagaimana dirangkum dari PC Mag.

1. Jadi Kamera CCTV

Jika Anda memiliki ponsel lama yang tidak lagi digunakan, ubah menjadi kamera keamanan rumah atau CCTV. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kamera keamanan seperti Alfred  di perangkat lama dan baru Anda, lalu letakkan ponsel lama di tempat yang Anda butuhkan, tetapi cukup pastikan perangkat memiliki akses ke daya.

Anda dapat menggunakan sesuatu yang sederhana seperti tripod. Kemudian gunakan ponsel Anda saat ini untuk memantau aktivitas di kamera ponsel lama Anda.

2. Jadi Webcam

Jika Anda tidak memiliki webcam untuk komputer desktop Anda atau laptop Anda sedang rusak, Anda dapat menggunakan smartphone lama. Perangkat lunak gratis seperti DroidCam dan EpocCam memungkinkan Anda mengubah ponsel cerdas menjadi kamera web untuk komputer Anda.

3. Remote TV

Perlu diketahui, sebagian besar perangkat streaming media dilengkapi dengan remote controlnya sendiri, tetapi karena bentuknya kecil, tentu saja itu mudah hilang.

Alih-alih membeli yang baru, cukup gunakan ponsel Anda. Setiap layanan memiliki aplikasi selulernya sendiri, Anda hanya perlu unduh di perangkat lama, kemudian tautkan akun Anda, dan Anda bisa memiliki remote control yang berfungsi kembali. Ini juga berguna untuk layanan streaming TV langsung berbasis aplikasi, seperti YouTube.

4. Jadikan Music Player

Ponsel lama bisa menjadi Anda bisa mudah disulap untuk dikhususkan mendengarkan musik, dan podcast di layanan streaming favorit Anda. Anda bisa menggunakan headset atau sambungkan ke speaker Bluetooth saat membersihkan rumah, menyelesaikan beberapa pekerjaan, atau berolahraga di rumah.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan perangkat seluler lama sebagai streamer video khusus. Unduh satu atau dua film sebelum Anda meninggalkan rumah untuk hiburan saat bepergian yang tidak menghabiskan paket data atau baterai ponsel Anda.

5. Sumbang Ponsel Bagi yang Membutuhkan

Kali ini jika Anda benar-benar sudah tidak membutuhkan ponsel lama Anda, Anda dapat menyumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Misalnya saja untuk penelitian sains, sebab ponsel cerdas saat ini memiliki daya komputasi yang sama dengan komputer desktop lama. Seperti The BOINC, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Universitas Caifornia, Berkeley, memanfaatkan daya komputasi yang tidak terpakai seperti perangkat Anda untuk ilmu pengetahuan crowdsourced.

6. Jadikan Ponsel Darurat

Meskipun Anda mungkin selalu membawa ponsel, tidak ada salahnya memiliki perangkat cadangan untuk berjaga-jaga. Misalnya, Anda dapat menyimpan telepon tersebut di dalam mobil jika terjadi keadaan darurat.

Anda juga dapat memberikan perangkat yang dinonaktifkan kepada saudara yang lebih tua yang mungkin tidak memiliki perangkat seluler, tetapi dapat menggunakannya untuk menghubungi layanan darurat guna berjaga-jaga.