JAKARTA - Canva, platform komunikasi visual terkemuka di dunia, mengumumkan perkuatan kemitraannya dengan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2024.
Mengusung tema 'Guru Hebat, Indonesia Kuat, tema tahun ini sejalan dengan misi Canva, yakni memberdayakan setiap pendidik dan menginspirasi setiap peserta didik.
Sejak diluncurkan pada tahun 2019, Canva untuk pendidikan telah merevolusi cara pendidik mengajar dan peserta didik belajar dengan menyediakan platform visual yang memadukan kreativitas dan produktivitas.
Sejak 2022, Canva bermitra dengan Kemendikdasmen untuk menyediakan akses gratis Canva melalui Akun belajar.id. Pada tahun 2023, ada lebih dari 2,3 juta guru dan peserta didik menggunakan Canva dengan Akun belajar.id, menghasilkan lebih dari 45 juta desain.
Dengan Canva untuk pendidikan, para guru dapat:
- Memilih dari ribuan template pendidikan siap pakai
- Membuat kegiatan belajar mengajar dan aktivitas kelas yang menarik menggunakan beragam gambar, font, video, animasi, dan fitur pengeditan
- Menjangkau dan memotivasi peserta didik di mana pun mereka berada dengan membagikan, meninjau, dan memberikan umpan balik terkait karya mereka secara langsung
- Memberikan umpan balik yang menyenangkan dengan menambahkan komentar berupa teks atau stiker.
BACA JUGA:
Untuk menyempurnakan pengalaman belajar visual, Canva baru-baru ini meluncurkan berbagai alat baru yang canggih dan kreatif, dirancang untuk membantu guru mengubah ruang kelas menjadi pusat inspirasi yang lebih hidup.
Bagan Interaktif Baru: Guru kini dapat secara visual menjelaskan konsep yang rumit dengan bagan-bagan interaktif yang membantu peserta didik menjelajahi data secara dinamis. Jenis bagan baru, seperti Sunbursts, Dot Plots, dan Radar Charts, kini tersedia untuk menjadikan pelajaran lebih hidup melalui narasi visual.
Kit Kerja (Work Kits) Guru: Kumpulan sumber daya, template, dan alat untuk membantu guru mencapai tujuan pembelajaran mereka.
“Di Canva, kami percaya setiap pendidik dan peserta didik sudah seharusnya memiliki akses ke alat kreatif terbaik, terlepas dari lokasi maupun sumber daya yang mereka miliki,” tutup Ruoshan Tao, Head of Marketing for Southeast Asia and Latin America, Canva.