Sugako Hashida Penulis Drama Populer <i>Oshin</i> Meninggal Dunia
Pemeran dan penulis serial drama Oshin (dok. Kyodo)

Bagikan:

JAKARTA - Sugako Hashida, penulis naskah di balik drama televisi legendaris Jepang "Oshin" meninggal dunia. Hashida meninggal di usia 95 tahun karena mengidap limfoma atau kanker kelenjar getah bening.

Sejak awal tahun ini, Hashida telah dirawat karena penyakit itu. Ia meninggal pada Minggu, 4 April di kediamannya di Atami di barat Tokyo. Hal itu diungkapkan oleh Pinko Izumi, aktris yang kerap tampil dalam berbagai serial drama yang ditulis Sugako Hashida, termasuk “Oshin.” 

“Saya bilang ke dia ‘Mama,’ lalu dia membuka matanya sejenak, kemudian dia seperti terlelap," tutur Pinko dalam sebuah wawancara, seperti dilansir Kyodonews, Rabu, 7 April.

Sugako Hashida, penulis naskah drama Oshin (dok. Kyodo)

Sugako Hashida lahir di Korea pada 1925 saat Jepang menjajah Semenanjung Korea. Sugako kemudian pindah ke Jepang pada akhir dekade 1930-an dan hidup di Osaka.

Ia memutuskan untuk bekerja di studio film Shochiku pada 1949 sebelum menjadi penulis naskah untuk berbagai serial drama di televisi. Salah satunya adalah “Oshin” yang ditayangkan pada 1983-1984 di stasiun televisi NHK.

"Oshin" merupakan kisah fiksi yang dibuat berdasarkan biografi seorang perempuan Jepang yang sukses mendirikan sebuah jaringan supermarket terkenal. "Oshin" mengisahkan perjuangan hidup sang tokoh utama, dari masa kecilnya yang penuh kegetiran, hingga saat-saat terakhir hidupnya di dekade 1980-an.

“Oshin” ditayangkan di lebih dari 60 negara, termasuk di Indonesia. Serial drama "Oshin" ditayangkan sejak November 1986 di TVRI. Serial "Oshin" yang terdiri atas 297 episode ini dianggap sebagai salah satu drama televisi Jepang terbaik kala itu.