Bagikan:

JAKARTA – Badan Antariksa Eropa (ESA) sedang dalam pembicaraan dengan SpaceX mengenai kemungkinan bergabungnya perusahaan luar angkasa yang dipimpin Elon Musk itu dalam sebuah piagam internasional yang dirancang untuk mengurangi jumlah sampah antariksa yang semakin meningkat. Hal ini dikatakan Direktur Jenderal ESA, Josef Aschbacher.

ESA, yang terdiri dari 22 negara, memimpin beberapa upaya untuk mengurangi jumlah sampah antariksa yang mengelilingi Bumi akibat misi-misi sebelumnya, yang mengancam satelit aktif. Aschbacher menyatakan bahwa sebanyak 110 negara atau entitas telah bergabung dengan piagam Zero Debris ESA, yang bertujuan untuk menghentikan penciptaan sampah orbital baru pada tahun 2030.

Saat ditanya apakah SpaceX, yang saat ini mengoperasikan sekitar dua pertiga dari satelit aktif di orbit rendah Bumi, telah mendaftar. "Belum, tetapi kami sedang dalam diskusi dengan mereka... Ini adalah piagam yang terus berkembang dan... kami akan terus mengangkat topik ini karena sangat mendasar," kata Aschbacher dikutip VOI dari Reuters. 

SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar. Dari sekitar 10.300 satelit aktif di orbit, sekitar 6.300 di antaranya merupakan bagian dari konstelasi Starlink yang berkembang pesat milik SpaceX.

Saat ini terdapat 18.897 potongan sampah antariksa yang dapat dilacak, menurut Jonathan McDowell, seorang astronom dari Harvard yang mengawasi objek-objek tersebut. Sampah antariksa sering dianggap mencakup beban yang tidak aktif dan tubuh roket, serta puing-puing atau pecahan dari satelit yang rusak.

Meskipun tidak ada undang-undang internasional yang mengatur sampah antariksa, negara-negara dan badan antariksa telah mulai menyusun proposal dan aturan nasional untuk menangani masalah ini.  "Kami bukan badan regulasi; kami adalah badan teknis antariksa," kata Aschbacher. 

SpaceX tunduk pada persyaratan sampah orbital dari Komisi Komunikasi Federal AS. Satelit Starlink diwajibkan untuk terdeorbit – atau terbakar di atmosfer Bumi – dalam waktu lima tahun setelah masa operasionalnya berakhir.

"Saya pikir sangat penting bagi industri untuk secara publik berkomitmen pada inisiatif semacam ini, jadi saya senang mengetahui bahwa SpaceX mempertimbangkannya," kata McDowell. 

Pada tahun 2023, SpaceX mengkritik laporan Administrasi Penerbangan Federal yang memperingatkan risiko bagi orang-orang dari puing-puing yang jatuh dari konstelasi sebagai "sangat cacat".

Meskipun konstelasi komersial mendominasi sorotan, banyak sampah antariksa yang terus meningkat dianggap disebabkan oleh tabrakan atau laporan uji misil anti-satelit. Sebuah tubuh roket China pada Agustus lalu pecah dalam tabrakan yang tampaknya dengan potongan sampah antariksa, menciptakan salah satu lapangan puing terbesar dalam sejarah terbaru.

Menurut NASA, dua insiden sebelumnya meningkatkan jumlah sampah antariksa sekitar 70%. Insiden tersebut adalah penghancuran satelit Fengyun-1C milik China pada tahun 2007 dan tabrakan tidak sengaja antara satelit AS dan Rusia pada tahun 2009.

Pada tahun 2021, uji misil anti-satelit Rusia menambah setidaknya 1.500 potongan puing, beberapa di antaranya telah hancur sejak itu. Pemerintahan Biden telah mempromosikan moratorium pada uji coba semacam itu, dengan beberapa negara menandatangani tetapi tidak termasuk Rusia atau China.