Bagikan:

JAKARTA – Canadian Aviation Electronics (CAE), perusahaan pelatihan di bidang penerbangan, akan meluncurkan aplikasi pelatihan pilot di Apple Vision Pro. Aplikasi ini sedang dipamerkan di Las Vegas, Nevada.

Sebagai pengembang aplikasi pelatihan penerbangan pertama di Vision Pro, CAE ingin menghadiri pengalaman presisi yang nyata menggunakan teknologi komputer spasial. Di dalam aplikasi ini, pilot bisa berinteraksi dengan visualisasi dek penerbangan. 

Harapannya, seluruh pilot yang menggunakan aplikasi interaktif ini bisa menyelesaikan aktivitas pelatihan mereka dari jarak jauh. Sebagai bagian dari ekosistem pelatihan CAE, aplikasi ini memungkinkan pilot untuk berlatih kapan saja dari mana saja.

Emmanuel Levitte, Kepala Teknologi dan Produk CAE, mengatakan bahwa mereka memilih Vision Pro agar pilot bisa mendapatkan gambaran dek penerbangan yang lebih baik. Gambaran ini akan membantu pilot dalam mempraktikkan berbagai prosedur penting. 

"Aplikasi ini akan memungkinkan pilot untuk terlibat dengan lingkungan dek penerbangan yang realistis untuk lebih memastikan mereka siap untuk sesi simulator penerbangan penuh dan menjadi lebih siap dalam menghadapi situasi apa pun," ungkap Emmanuel.

Aplikasi pelatihan penerbangan ini sedang diuji dalam program Bombardier Global 7500 dan dijadwalkan akan rilis pada musim semi tahun depan. Nantinya, aplikasi ini akan hadir dalam mode Eksplorasi, Terpandu, dan Interaksi Dek Penerbangan.

Mode Eksplorasi memungkinkan pengguna untuk menyentuh kontrol tertentu dan melihat deskripsi kontrol, sedangkan mode Terpandu akan mengarahkan pengguna untuk mempelajari berbagai prosedur pesawat. Sementara itu, mode Interaksi Dek Penerbangan dapat digunakan untuk mensimulasikan segala jenis interaksi dengan cara alami.