Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Pertanian, menggelar Temu Bisnis P3DN Tahap VIII, yang bertujuan mendorong para pelaku usaha lokal untuk memanfaatkan teknologi digital.

Mengusung tema "Membangun Ekosistem Digital untuk Produk Lokal", Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap pemanfaatan teknologi dapat mengembangkan produk lokal agar mampu bersaing di pasar global.

"Melalui sinergi ini, produk lokal dapat tumbuh lebih cepat, baik dari sisi kualitas maupun daya saing. Ini adalah langkah konkret untuk menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan di tengah era digital," kata Budi dalam sambutannya dikutip Selasa, 17 September.

Menkominfo juga menegaskan bahwa penguatan industri dalam negeri tidak hanya berdampak pada ekonomi domestik, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. 

"Melalui acara ini, kami berharap industri dalam negeri mampu berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 30 persen,” ujar Menkominfo Budi lebih lanjut.

Temu Bisnis P3DN ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk mendorong perkembangan industri dalam negeri. Menurut Menkominfo, beberapa negara telah melakukan hal sama.  

Pertama, Thailand yang sudah meluncurkan Program Made in Thailand, kemudian ada Malaysia dengan Buy Malaysia, dan Vietnam dengan kampanye Vietnamese People Give Priority to Using Vietnamese Goods.

"Kebijakan-kebijakan tersebut menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk terus memperkuat industri lokal melalui program P3DN," tandas Budi.