Berapa Jawaban Soal Matematika 1+1x0? Mendikbud Nadiem Makarim <i>Aja</i> Salah Jawab
Tangkapan layar Instagram Jerome Polin (Instagram @Jeromepolin)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan Instagram Live bersama YouTuber Jerome Polin. Dalam sesi tanya jawab itu, ada soal matematika menarik yang membuat Mendikbud Nadiem salah menjawab.

Pertanyaannya cukup sederhana yaitu soal matematika 1 + 1 x 0, namun, karena dilemparkan dengan ketentuan harus dijawab cepat, Mas Menteri Nadiem dibuat terkecoh sehingga salah memberikan jawaban.

"Mas Menteri tolong jawab dengan cepat ya. Satu ditambah Satu Kali Nol (1+1x0)," tanya Jerome dalam Live Instagramnya ke Nadiem, Selasa, 30 Maret.

Nadiem pun menjawab. "Nol (0)."

YouTuber yang bercita-cita jadi Menteri Pendidikan itu kembali mengulang pertanyaan tersebut, sembari tersipu malu. Akhirnya, Nadiem menyadari jawabannya salah. 

"Eh harusnya satu ya, aduh. Jadi satu sama nol nya duluan, baru nol ditambah satu jadi satu. Tricky banget sih," ungkap mantan CEO Gojek ini sambil tertawa.

Penyelesaian Aritmatika

Untuk kalian yang masih bingung dengan soal matematika 1+1x0, begini penyelesaiannya. Dalam kasus tersebut, soal perkalian (x) harus diprioritaskan lebih dahulu sebelum penjumlahan (+) atau pengurangan (-)

Jadi rumus yang digunakan adalah 1+(1x0) dengan jawaban yang benar adalah 1. Lain ceritanya jika kalian mengerjakan bagian penjumlahan terlebih dulu, maka jawaban yang didapat adalah 0. 

Meski terlihat membingungkan, namun para ahli matematika sepakat teknik operasi dasar perhitungan dilakukan dengan urutan yang dikerjakan terlebih dahulu adalah perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. Berikut aturan dasar kalkulasi yang melibatkan lebih dari satu operasi aritmatika.

Aturan 1: Pertama-tama, lakukan penghitungan apa pun di dalam tanda kurung.

Aturan 2: Selanjutnya lakukan semua perkalian dan pembagian, kerjakan dari kiri ke kanan.

Aturan 3: Terakhir, lakukan semua penambahan dan pengurangan, lakukan dari kiri ke kanan.