Bagikan:

JAKARTA - Platform blockchain Cardano baru-baru ini berhasil merampungkan pembaruan Chang. Hal ini menandai peralihan ke sistem tata kelola terdesentralisasi yang memungkinkan pemegang ADA memiliki suara dalam menentukan arah masa depan jaringan. Upgrade Cardano ini dinamakan sesuai dengan nama matematikawan China, Ch’ang Shou, dan diselesaikan pada blok ke-10.764.778 pada 1 September 2024.

Pembaruan Chang membawa sejumlah perubahan penting, termasuk desentralisasi pemerintahan Cardano melalui pemungutan suara on-chain, pengenalan Perwakilan Delegasi (Delegate Representatives), peningkatan kemampuan kontrak pintar dengan PlutusV3, serta penerapan struktur pemerintahan baru dan perbaikan model biaya.

Menurut Cardano, blockchain ini kini memasuki era "ledger Conway" yang didasarkan pada konsep "demokrasi cair." Ini berarti para pemegang ADA kini memiliki opsi untuk memberikan suara langsung dalam isu-isu pemerintahan atau mendelegasikan kekuatan suara mereka kepada perwakilan terpercaya yang dikenal sebagai Delegate Representatives (dReps).

Selain dReps, dua badan pemerintahan lain yang dipimpin oleh pengguna, yakni Komite Konstitusional dan Operator Pool Stake, akan mengawasi dan melaksanakan tindakan pemerintahan. Sebelumnya, tiga entitas pendiri Cardano—Cardano Foundation, Input Output Global, dan Emurgo—memegang peran ini.

Transisi ke model baru Cardano akan berlangsung dalam dua fase. Fase pertama, yang sedang berjalan, melibatkan pembentukan Komite Konstitusional Sementara dengan wewenang terbatas untuk mengawasi pemerintahan secara sementara. Fase ini berfokus pada menjaga keamanan dan stabilitas sambil mengembangkan kerangka kerja pemerintahan baru, memungkinkan dReps untuk mendaftar dan membangun dukungan.

Setelah fase ini, dalam periode 90 hari, jaringan secara bertahap akan mentransfer kekuasaan kepada badan-badan pemerintahan baru. Fase kedua, yang diharapkan dimulai pada awal 2025, akan sepenuhnya memberdayakan dReps, Operator Pool Stake, dan Komite Konstitusional untuk membuat keputusan penting, seperti memberikan suara pada proposal dan mengelola perbendaharaan.

Hard fork terbaru ini adalah bagian dari jalan menuju era Voltaire yang akan menjadikan Cardano sebagai ekosistem yang mandiri. Awalnya dijadwalkan pada 30 Agustus, pembaruan ini ditunda untuk memberi waktu bagi bursa kripto mempersiapkan perubahan. 

Binance menjadi salah satu bursa pertama yang mengumumkan dukungan untuk fork ini. Meskipun pembaruan ini sangat dinanti, harga ADA tidak menunjukkan tanda-tanda kenaikan signifikan dan justru turun 3,1% dalam 24 jam terakhir.