Unik! Peneliti di Meksiko Buat Masker COVID-19 Khusus Hidung
Ilustrasi penggunaan masker (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti di Meksiko merancang masker COVID unik yang hanya menutupi bagian hidung. Hal ini memungkinkan penggunanya bisa tetap beraktivitas saat makan atau berbicara tanpa terhalang masker. 

Dilansir CBS News, masker unik ini benar-benar menutupi area hidung saja. Penggunaannya juga sama seperti masker pada umumnya. 

Meski terlihat konyol, nyatanya gagasan ini bisa memberi perlindungan ekstra bagi indera penciuman yang selama ini jadi pintu masuk virus corona. Sehingga mengenakan masker jadi pilihan terbaik untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan orang-orang memakai masker yang menutupi bagian hidung, mulut hingga dagu untuk melindungi diri dari paparan virus. 

Selain itu, penggunaan masker kain juga menjadi bagian dari protokol kesehatan yang harus diikuti masyarakat dalam mengurangi angka penyebaran COVID-19. Para ahli juga menyarankan penting untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Seiring perkembangan kami saat pandemi ini, kami menyadari bahwa tidak semua masker itu sama," kata profesor di Department of Environmental & Occupational Health Sciences, University of Washington, Dr Martin Cohen.

Masker wajah yang ideal memblokir tetesan pernapasan besar dari batuk atau bersin --metode utama penyebaran virus corona dari satu orang ke orang lain-- bersama dengan partikel udara yang lebih kecil, yang disebut aerosol, diproduksi ketika orang berbicara atau menghembuskan napas.