Bagikan:

JAKARTA - Seorang investor besar atau “whale” dilaporkan telah membeli token PEPE senilai 3,13 juta Dolar AS (sekitar Rp50 miliar). Langkah ini dilakukan di saat banyak investor lain yang memanfaatkan penurunan harga pasar sebagai kesempatan untuk menambah kepemilikan mereka, dengan harapan meraih keuntungan ketika pasar pulih.

Menurut data dari platform analisis on-chain, Lookonchain, whale yang teridentifikasi melalui alamat dompet “cookislandstrust.eth” mulai mengakumulasi koin PEPE pekan lalu. Pada  5 Agustus, ia membeli sejumlah koin meme tersebut di tengah penurunan pasar yang juga mempengaruhi harga Bitcoin dan Ethereum, masing-masing turun ke 49.000 Dolar AS(Rp775 juta) dan 2.000 Dolar AS (Rp31 juta).

Kali ini, investor tersebut kembali membeli lebih banyak PEPE, sehingga total investasinya dalam token tersebut mencapai sekitar 3,2 juta Dolar AS (sekitar Rp50 miliar).

Selain PEPE, investor ini juga membeli Ether (ETH) pada  5 Agustus, bersamaan dengan pembelian PEPE. Ia menghabiskan 7,05 juta Dolar AS (Rp111 miliar) dalam bentuk stablecoin USDT untuk membeli 2.978 ETH. Hingga kini, investasi tersebut telah menghasilkan keuntungan sebesar 534.000 Dolar AS (Rp8,4 miliar).

Investor ini bukan satu-satunya yang berusaha memanfaatkan peluang di pasar kripto. Dalam kondisi volatilitas yang tinggi, banyak investor yang mencari waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari posisi investasi mereka demi memaksimalkan keuntungan.

Dilansir dari Coinsepaker, selama akhir pekan, Lookonchain melaporkan bahwa whale lain meraih keuntungan “belum terealisasi” hampir 8 juta Dolar AS (Rp126 miliar) setelah menginvestasikan total 99 juta Dolar AS (Rp1,5 triliun) untuk membeli Ether. Whale ini telah secara konsisten mengakumulasi Ether sejak Mei 2024, dengan pembelian terbaru dilakukan pada hari Sabtu.

Pada Jumat lalu, investor lain yang juga berinvestasi dalam PEPE menjadi sorotan setelah mencairkan investasi dengan keuntungan sebesar 5,06 juta Dolar AS (Rp80 miliar) dari investasi awal senilai 3,4 juta Dolar AS (Rp53 miliar). Whale tersebut membeli total 395,92 miliar PEPE, yang kemudian dipindahkan ke Binance untuk dijual.

Whale ini dikenal sering menangani jumlah token yang sangat besar, seringkali mencapai jutaan dolar. Awal bulan ini, pada 1 Agustus, investor ini mentransfer 400 miliar token lain ke Binance, dengan masing-masing aset digital diperkirakan bernilai sekitar 4,22 juta Dolar AS (Rp66 miliar).

Pada minggu yang sama, whale lain terlihat memindahkan 200 BTC, senilai sekitar 10,33 juta Dolar AS (Rp163 miliar) ke Binance. Whale yang dikenal dengan nama samaran “3MMB6” ini membeli aset kripto tersebut pada Oktober tahun lalu dengan harga total 5,96 juta Dolar AS (Rp94 miliar), di mana saat itu harga Bitcoin jauh di bawah harga saat ini sebesar 58.000 Dolar AS (Rp918 juta). Kini, investor ini menikmati keuntungan sebesar 4 juta Dolar AS (Rp63 miliar).