Bagikan:

JAKARTA – Ghost touch merupakan situasi di mana ponsel Anda bereaksi tanpa disentuh. Saat masalah ini terjadi, biasanya ponsel akan membuka aplikasi atau menginput apa pun secara acak tanpa dikontrol.

Selama ghost touch terjadi, Anda tidak bisa membuka, mengeklik, atau menjalankan fitur dan aplikasi di ponsel tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengatasi masalahnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ghost touch di ponsel Android.

Bersihkan Layar Sentuh

Dilansir dari Makeuseof, tindakan awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan layar ponsel Android yang Anda gunakan. Saat layar kotor atau terkena percikan air, biasanya ponsel menjadi tidak terkontrol dan sulit untuk disentuh.

Maka dari itu, bersihkan layarnya terlebih dahulu menggunakan kain yang berbahan lembut. Jangan gunakan tisu atau kain berbahan kering karena serat di dalamnya bisa meninggalkan goresan di layar ponsel Anda.

Ganti Pelindung Layar

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melepas pelindung layar dan menggantinya dengan yang baru. Jika pelindung layar Anda sudah rusak atau tidak dipasang dengan benar, debu atau kotoran bisa masuk dan menyebabkan ghost touch.

Saat mengganti pelindung layar, pastikan pelindung layarnya berkualitas bagus agar sensitivitas layarnya tidak terpengaruh lagi. Sebelum membeli yang baru, lepas pelindung layar lama untuk memastikan bahwa masalahnya memang berasal dari pelindung layar.

Jangan Biarkan Ponsel Overheat

Overheat atau kondisi ponsel yang sangat panas bisa membuat ponsel Android Anda mengalami ghost touch. Jika hal ini terjadi, coba untuk aktifkan mode pesawat atau matikan ponsel agar sistemnya tidak bekerja untuk sementara waktu.

Setelah itu, dekatkan perangkat ke tempat yang dingin seperti lantai atau gunakan kipas. Jangan masukan ponsel Anda ke kulkas. Jika perangkat sudah dingin, coba nyalakan kembali dan lihat apakah ghost touch masih terjadi.