Bagikan:

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), memperkenalkan GoTo AI sebagai program jangka panjang pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) di ekosistem GoTo.

Menandai tahap awal implementasi AI, GoTo memperkenalkan Dira by GoTo AI, asisten suara dalam Bahasa Indonesia berbasis AI yang dapat digunakan di aplikasi GoPay oleh sebagian pengguna. Sebelum nantinya akan diperluas ke semua pengguna di aplikasi Gojek. 

“Dira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang,” kata Hans Patuwo, GoTo Chief Operating Officer. 

Kehadiran Dira akan mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi. Contohnya, pengguna hanya perlu satu kali tap dan memberikan perintah suara untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan sehingga menghemat waktu.

Dira juga akan membantu pengguna dalam menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah, meminimalisir pencarian manual di halaman utama aplikasi dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay.

Untuk mengakses Dira di aplikasi GoPay, pengguna cukup mengakses ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay untuk bisa langsung memberikan perintah suara. 

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait. Transaksi yang bisa diakses oleh Dira antara lain adalah bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa, mengganti PIN, dan banyak lainnya.

Dira merupakan salah satu dari inovasi utama dari GoTo AI dan akan terus dikembangkan seiring dengan peningkatan kemampuan kecerdasan buatan di seluruh layanan ekosistem GoTo.