Bagikan:

JAKARTA - Cloudflare baru saja meluncurkan "easy tools" baru untuk memblokir semua bot AI (Artificial Intelligence), dan tersedia untuk semua pelanggan, termasuk mereka yang berlangganan paket gratis. 

“Kami mendengar dengan jelas bahwa pelanggan tidak ingin bot AI mengunjungi situs web mereka. Untuk membantu, kami telah menambahkan fitur baru satu klik untuk memblokir semua bot AI,” tulis perusahaan dalam blognya.

Tidak hanya Cloudflare, popularitas AI generatif saat ini pun telah membuat banyak perusahaan AI untuk melatih model untuk mengidentifikasi bot AI di web mereka. 

Untuk mengaktifkannya, cukup navigasikan ke bagian Keamanan > Bot di dasbor Cloudflare, lalu klik tombol yang berlabel AI Scrapers and Crawlers.

Perusahaan juga mengatakan akan memperbarui teknologi pemblokiran bot AI secara otomatis seiring dengan berjalanya waktu dan semakin canggihnya AI. 

“Fitur ini akan secara otomatis diperbarui dari waktu ke waktu saat kami melihat sidik jari baru bot yang melanggar yang kami identifikasi sebagai bot yang banyak melakukan scraping web untuk pelatihan model,” sambung mereka. 

Tahun lalu, Cloudflare juga telah mengumumkan kemampuan bagi pelanggan untuk dengan mudah memblokir bot AI yang berperilaku baik. 

Bot ini mengikuti robots.txt, dan tidak menggunakan konten yang tidak berlisensi untuk melatih model mereka atau menjalankan inferensi untuk aplikasi RAG menggunakan data situs web.