Atasi Kecemasan Akibat COVID-19, Snapchat Rilis Fitur Here For You
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi video singkat Snapchat memiliki pembaruan dengan seperangkat alat kesehatan mental. Tujuannya untuk membantu pengguna memerangi kecemasan dan depresi. Fitur ini dijuluki "Here For You."

Pertama kali diuji coba pada bulan Februari, perusahaan mengatakan memilih untuk mempercepat rilis dalam menanggapi pandemi virus corona atau COVID-19 yang saat ini merebak di seluruh dunia.

Fitur baru ini sejatinya bermanfaat bagi pengguna Snapchat yang dapat menemukan sumber kesehatan mental di aplikasi ketika mereka mencari istilah seperti kecemasan, stres, depresi, atau penindasan. Hasil pencarian menghasilkan video dari organisasi yang terverifikasi, seperti Crisis Text Line atau Ad Council.

Karena wabah COVID-19 telah meluas secara global, saat ini Here For You juga telah diperluas ke sumber daya kesehatan mental ketika pengguna mengoperasikan Snapchat untuk mencari istilah-istilah seperti coronavirus atau COVID-19. Saat ini satu-satunya hasil dari fitur Here For You untuk istilah pencarian ini adalah profil generik Here For You Snapchat, tetapi dikabarkan akan segera mengalami pembaruan yang lebih spesifik.

"Selain itu, kami juga sedang membangun bagian pencarian khusus untuk Anda yang berhubungan dengan COVID-19 yang akan menyediakan Snapchatters dari Dewan Iklan, Organisasi Kesehatan Dunia, CDC, Crisis Text Line, NHS dan mitra lain yang membuat konten tentang kecemasan secara khusus terkait dengan coronavirus. Kami berharap bagian ini akan mulai diluncurkan ke Snapchatters pekan depan," ungkap pihak Snapchat kepada Mashable.

Mengingat jumlah informasi yang salah atau hoaks dan ketakutan yang beredar karena COVID-19, penyakit yang awalnya berpusat di Wuhan, China ini, segala upaya untuk meluruskan atau membantu orang mengelola kecemasan mereka disambut baik.

Selain itu, aplikasi berlogo putih dan kuning ini pun juga telah bekerja sama dengan lebih dari 40 mitra media dari seluruh dunia untuk menyoroti informasi otentik dan terverifikasi tentang pandemi yang sedang berlangsung. Sebelumnya, Snapchat juga telah menawarkan pembaruan terkait gangguan makan pada seseorang lainnya kepada penggunanya seperti istilah dengan kata kunci anoreksia, bulimia, sesak napas, thinspo, dan pro ana.