Bagikan:

JAKARTA - Agate International, perusahaan pengembang gim terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara mengumumkan peran aktifnya dalam penyusunan Pedoman Ruang Ramah Perempuan dalam Industri Game Indonesia. 

Pedoman ini menyediakan kerangka kerja komprehensif guna menciptakan lingkungan kerja yang ramah perempuan dan inklusif di dalam perusahaan gim di Indonesia. 

Proses pembuatan pedoman ini dipimpin oleh Indonesian Women in Game (IWIG) dengan dukungan dari Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), serta pelaku industri gim lainnya. 

“Pedoman ini akan menjadi bagian dari sejarah industri gim Indonesia sebagai landasan penting dalam mendorong kesetaraan dan inklusi di industri ini,” ujar CEO dan Co-Founder Agate Shieny Aprilia dalam pernyataannya pada Selasa, 11 Juni. 

Sebagai bagian dari tim penyusunan, Agate berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap perempuan yang bekerja di industri gim memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi. 

"Kami berharap pedoman ini dapat menjadi panduan yang jelas untuk menciptakan ruang kerja yang aman dan mendukung bagi semua," tambah Team Lead Agate Academy Restya Winda Astari.

Ketua Indonesian Women in Game (IWIG), Riris Marpaung pun turut msnyatakan bahwa penyusunan pedoman ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan industri game yang lebih inklusif dan ramah perempuan. 

Setidaknya terdapat 10 poin utama dalam pedoman ini diantaranya:

  1. Kebijakan Keberagaman dan Inklusi
  2. Praktik Perekrutan dan Penerimaan Karyawan
  3. Orientasi dan Integrasi
  4. Pengembangan Profesional
  5. Waktu Bekerja dan Akomodasi di Tempat Kerja
  6. Promosi dan Peningkatan Karier
  7. Hak Perlindungan, Kesehatan, dan Kesejahteraan
  8. Budaya dan Lingkungan Tempat Kerja
  9. Pencegahan Kekerasan Seksual di Tempat Kerja
  10. Pemantauan dan Pelaporan

Agate juga mengundang seluruh pemangku kepentingan, termasuk perusahaan gim, komunitas, dan lembaga terkait, untuk bersama-sama berkomitmen dalam mewujudkan lingkungan kerja yang lebih inklusif bagi perempuan dalam industri gim.