Bagikan:

JAKARTA - Komisi Eropa mengancam akan memberikan denda kepada Microsoft jika tidak memberikan informasi yang memadai mengenai risiko yang timbul dari fitur Generative AI dalam mesin pencari Bing pada tanggal 27 Mei.

Komisi tersebut mengungkapkan pada Jumat 17 Mei bahwa mereka khawatir tentang penyebaran deep fakes dan manipulasi otomatis dari layanan yang dapat menyesatkan pemilih dalam pemilihan umum di Eropa.

Mereka menyatakan bahwa mereka meningkatkan tindakan penegakan hukum terkait masalah ini, karena mereka belum menerima jawaban atas permintaan informasi yang dikirimkan pada tanggal 14 Maret.

Jika batas waktu tidak terpenuhi, komisi dapat memberikan denda kepada Bing hingga 1% dari total pendapatan tahunannya dengan denda berkala hingga 5% dari pendapatan harian rata-ratanya.

Mereka juga dapat memberikan denda kepada perusahaan jika memberikan informasi yang tidak benar atau menyesatkan.

Perusahaan teknologi diwajibkan untuk melakukan lebih banyak untuk mengatasi konten ilegal dan berbahaya di platform mereka berdasarkan Undang-Undang Layanan Digital Uni Eropa yang bersejarah, yang mulai berlaku tahun lalu.

Generative AI adalah salah satu risiko yang diidentifikasi oleh komisi untuk integritas proses pemilihan, terutama untuk pemilihan Parlemen Eropa yang akan datang pada bulan Juni.