Bagikan:

JAKARTA - Menurut laporan Bloomberg News pada Kamis, 8 Mei Apple akan menyajikan sebagian dari fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang akan datang tahun ini melalui pusat data yang ditenagai oleh chip buatan Apple sendiri. Langkah ini dilakukan karena pembuat iPhone ini berupaya mengintegrasikan kecerdasan buatan generatif dalam produk-produknya.

Perusahaan tersebut akan memasang chip buatannya dalam server komputasi awan yang mampu memproses tugas-tugas kecerdasan buatan tingkat lanjut yang akan hadir di perangkat Apple,  seperti mengutip sumber-sumber yang mengetahui masalah ini.

Menurut laporan tersebut, chip tersebut mirip dengan chip yang menggerakkan komputer Mac Apple, dan tugas-tugas kecerdasan buatan yang lebih sederhana akan diproses di perangkat.

Rencana untuk menggunakan chip sendiri dan pemrosesan cloud untuk tugas-tugas kecerdasan buatan ini diawali sekitar tiga tahun lalu, namun Apple mempercepat jadwal setelah peluncuran ChatGPT dari OpenAI memulai tren kecerdasan buatan, menurut laporan tersebut.

Pada awal minggu ini, Apple mengumumkan chipset generasi terbarunya, M4, yang akan menggerakkan model-model iPad Pro baru dan akan mendukung beberapa kemampuan kecerdasan