Bagikan:

JAKARTA - Bersamaan dengan peluncuran iPad Pro OLED yang sudah dinanti-nantikan, Apple juga merilis Magic Keyboard dengan sedikit pembaruan. Ini termasuk penopang tangan aluminium dan trackpad yang lebih besar dengan umpan balik haptik — serta akhirnya, baris fungsi.

Magic Keyboard baru untuk iPad Pro (M4) hadir dalam dua warna (hitam dan perak) dan dua ukuran: satu untuk model 11 inci Pro dan satu untuk model 13 inci. Mereka memiliki harga  299 dolar AS (Rp4,7 juta) dan  349 dolar AS (Rp5,6juta), dan seperti model iPad Pro baru lainnya, mereka tersedia untuk dipesan sekarang, dikirim minggu depan.

Keyboard baru ini sayangnya  tidak kompatibel dengan model iPad Air 11- dan 13-inci yang baru diumumkan hari ini atau dengan model iPad Pro sebelumnya. Mereka masih menggunakan Magic Keyboard generasi pertama, sekarang disebut Magic Keyboard untuk iPad Air (M2).

Ini adalah revisi besar pertama Magic Keyboard iPad Pro sejak diluncurkan pada tahun 2020. Ini tetap mempertahankan desain ganda berengsel dan satu port USB-C (hanya untuk daya), meningkatkan penopang tangan menjadi aluminium dari plastik, dan menambahkan trackpad kaca yang lebih besar dengan umpan balik haptik.

Berbeda dengan versi aslinya, kini akhirnya memiliki baris fungsi — fitur yang diberikan Apple pada iPad model dasar pada tahun 2022 dengan Magic Keyboard Folio.

Sejak diluncurkan, Magic Keyboard telah membantu membuat iPad lebih mirip dengan laptop, dan penyelesaian yang lebih baik dan trackpad yang lebih besar tidak merugikan. Tetapi sejauh mana iPad masih belum seperti laptop, itu sebenarnya tidak sepenuhnya tergantung pada keyboard, bukan?