Bagikan:

JAKARTA - Presiden AS terdahulu Donald Trump mengatakan pada  Senin 22 April bahwa Presiden AS saat ini Joe Biden "mendorong" untuk melarang TikTok dan akan bertanggung jawab jika larangan tersebut diberlakukan. Trump juga  mendesak para pemilih untuk memperhatikan hal tersebut.

DPR AS menyetujui legislasi lintas partai dengan suara 360-58 pada  Sabtu 20 April yang akan memberikan waktu sekitar sembilan bulan kepada pemilik TikTok asal China, ByteDance, untuk melepaskan saham kepemilikan di AS atau menghadapi larangan.

RUU tersebut sekarang akan bergerak ke Senat. Jika lolos di sana, Biden telah mengatakan bahwa ia akan menandatanganinya  untuk menjadi undang-undang.

Trump mengatakan dalam sebuah posting di platform Truth Social-nya pada  Senin bahwa Biden akan bertanggung jawab atas pelarangan TikTok. “Dia yang mendorongnya untuk ditutup, dan melakukannya untuk membantu teman-temannya di Facebook menjadi lebih kaya dan lebih dominan," tulis Trump.

Trump kemudian mendesak para pemilih muda - yang merupakan bagian penting dari basis pengguna TikTok - untuk mempertimbangkan posisi Biden pada Hari Pemilihan.

Namun, ketika ia menjadi presiden pada tahun 2020, Trump sendiri berusaha melarang TikTok dan WeChat yang dimiliki oleh China atas alasan keamanan nasional tetapi diblokir oleh pengadilan.

TikTok, yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah dan tidak akan membagikan data pengguna AS dengan pemerintah China, telah berargumen bahwa larangan tersebut akan menginjak-injak hak kebebasan berbicara di bawah Amendemen Pertama Konstitusi AS bagi 170 juta pengguna aplikasinya di negara tersebut.

Perusahaan tersebut memberitahu karyawan melalui email akhir pekan  bahwa segera setelah Biden menandatangani undang-undang tersebut, "kami akan bergerak ke pengadilan untuk tantangan hukum. Kami akan terus berjuang, karena legislasi ini adalah pelanggaran nyata terhadap Amendemen Pertama."

Juru bicara Gedung Putih mengatakan pada hari Senin: "Kami tidak ingin melarang aplikasi seperti TikTok. Apa yang kami inginkan - dan apa yang akan dilakukan legislasi yang kami dukung - adalah memastikan bahwa TikTok dimiliki oleh perusahaan Amerika sehingga data pribadi sensitif kita dan anak-anak kita tetap di sini daripada pergi ke China dan sehingga pemahaman dan pandangan orang Amerika tidak dapat dimanipulasi oleh algoritma yang potensial dikendalikan oleh PRC."

Baru-baru ini, Trump telah berargumen bahwa membatasi TikTok akan memperkuat aplikasi Meta Platforms Inc., Facebook, sebuah platform yang telah ia kritik sejak aksesnya dicabut setelah kerusuhan di Capitol AS pada 6 Januari 2021. Akunnya diaktifkan kembali tahun lalu.

Di bawah legislasi tersebut, toko aplikasi yang dioperasikan oleh Apple, Google dari Alphabet, dan lain-lain tidak bisa secara sah menawarkan TikTok atau menyediakan layanan hosting web untuk aplikasi yang dikendalikan oleh ByteDance setelah batas waktu divestasi berlalu.

Pada bulan Februari, kampanye pencalonan kembali Biden bergabung dengan TikTok. Sementara kampanye Trump tidak.