Di Tengah Layoff Besar-besaran Industri Gaming Global, Bagaimana Nasib Esports?
Webinar UniPin Community (foto: UniPin)

Bagikan:

JAKARTA - Mengakhiri Maret, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar bulanan yang betajuk “Esports in 2024: Growing or Fading?” yang membahas proyeksi dan tren esports di 2024 secara mendalam. 

Webinar ini digelar untuk melihat perubahan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat pasca-pandemi, yang memberikan berbagai perubahan yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi berbagai industri, tak terkecuali esports. 

Dalam webinar ini, Aditya Kusuma Putra (Mozia) selaku Super Coach Akademi Garudaku mengatakan bahwa esports sudah bukan hal yang baru pada tahun 2024. Ia juga melihat prospek cerah bagi industri esports ke depannya. 

“Di 2024 ini, bibit baru juga mulai banyak keluar. Dari sekolah dan mahasiswa, membantu untuk mengembangkan industri itu sendiri,” ujar Mozia. 

Sedangkan dari isu tentang lay-off besar-besaran di industri gaming secara global, Isfan Satria Wijaya selaku Head of Esports MORPH Team berpendapat bahwa meski mengalami kesulitan, industri ini masih akan terus bertumbuh.

“Jika ditanya, esports itu sedang growing atau sudah fading? Jawabannya tetap growing meski kemarin masih ada dalam posisi stagnan,” ujar Isfan lebih lanjut. 

Isfan juga menambahkan bahwa walaupun orang-orang yang mengonsumsi produk-produk digital secara terus-menerus sedang mengalami kejenuhan pasca pandemi, di 2024 ini masih akan muncul gim-gim baru yang diharapkan menjadi breakthrough sebagai jawaban dari kejenuhan itu.