Deretan Pembaruan dan Perbaikan Bug di macOS Sonoma 14.4.1
 Pembaruan macOS Sonoma untuk Mac (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA – Apple meluncurkan macOS Sonoma 14.4.1 pada Senin, 25 Maret. Pembaruan kecil untuk sistem operasi (OS) perangkat Mac ini sudah bisa diunduh secara gratis di perangkat yang kompatibel.

Pembaruan OS ini hanya bisa dilakukan jika kapasitas Mac mencukupi dan telah memenuhi syarat. Pengguna Mac bisa memperbarui sistem perangkat mereka dengan membuka Pembaruan Perangkat Lunak di Pembaruan Sistem.

Dilansir dari MacRumors, macOS Sonoma 14.4.1 akan memperbaiki masalah pada hub USB yang tidak dikenali saat terhubung ke layar eksternal dan mengatasi masalah Java yang terkadang berhenti secara tidak terduga.

Masalah Java ini terjadi karena bug yang terselip di macOS Sonoma 14.4, seperti yang disampaikan oleh Oracle pada 16 Maret. Selain masalah Java, Sonoma 14.4.1 juga mengatasi masalah plug-in Unit Audio di aplikasi musik profesional.

Pembaruan Sonoma 14.4.1 tidak hanya memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya, tetapi juga memperbarui fitur yang sudah ada. Beberapa fitur yang diperbarui adalah widget, konferensi video, Safari, Notes, dan lainnya.

Pada pembaruan widget, Apple membuat fitur yang satu ini menjadi lebih interaktif di desktop. Pengguna Mac bisa memilih widget dari galeri widget dan menempatkannya langsung di desktop. Saat tidak digunakan, widget ini akan menyatu dengan wallpaper.

Selanjutnya, ada efek Presenter Overlay yang baru ditambahkan ke dalam konferensi video. Ada juga Berbagi Layar yang memudahkan pembagian aplikasi selama panggilan berlangsung dan tambahan fitur Reaksi di panggilan video berdasarkan gerakan tangan.

Sementara itu, browser Safari akan mendapatkan mode Penjelajahan Pribadi yang ditingkatkan. Fitur ini akan terkunci di belakang Touch ID saat pengguna menjauh dari Mac. Perlindungan pelacakan dan sidik jari juga ditingkatkan.

Notes, aplikasi pencatatan yang ada di Mac, juga mendapatkan pembaruan seperti dukungan PDF sebaris dan pemindaian dokumen dengan lebar penuh. Pengguna juga bisa menambahkan catatan tertaut untuk menghubungkan satu catatan ke catatan lain.

Masih banyak pembaruan fitur yang Apple tambahkan di macOS Sonoma 14.4.1. Untuk melihat seluruh fiturnya, Anda bisa segera memperbarui sistem di Pembaruan Perangkat Lunak. Jika pembaruan belum tersedia, Anda mungkin harus menunggu beberapa waktu lagi.