Bagikan:

JAKARTA - Dalam upaya untuk meningkatkan transparansi dan privasi pengguna, Worldcoin Foundation telah membuka akses publik ke kode sumber Orb, perangkat lunak pemindaian iris yang merupakan bagian penting dari ekosistem Worldcoin.

Kini, kode tersebut tersedia di GitHub di bawah lisensi MIT/Apache 2.0, memungkinkan individu untuk memverifikasi keberadaan manusia mereka secara online dengan cara yang lebih terbuka.

Worldcoin Tingkatkan Transparansi

Pembukaan kode ini dilakukan bersamaan dengan pengumuman fitur baru yang disebut “Penitipan Personal”. Fitur ini dirancang untuk memberikan pengguna kendali penuh atas data pribadi mereka.

Dengan menggunakan kunci pribadi Orb, pengguna dapat menandatangani paket data mereka yang kemudian dienkripsi dengan kunci publik sebelum ditransfer ke perangkat mereka sendiri. Ini menjamin bahwa hanya pengguna yang memiliki kunci yang dapat mengakses dan mendekripsi informasi biometrik mereka.

Keamanan Data Biometrik di Tangan Pengguna

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Worldcoin untuk meningkatkan kepercayaan dan keamanan dalam ekosistem kripto mereka, terutama mengingat hubungan erat proyek ini dengan CEO OpenAI, Sam Altman.

Dengan fitur anyar yang disebut “Personal Custody”, Worldcoin berusaha untuk membatasi interaksi pengguna dengan Orb, sehingga memverifikasi identitas World mereka dengan cara yang lebih aman dan pribadi.

Personal Custody adalah tempat penyimpanan pribadi di mana individu selaku pemegang aset kripto dapat mengelola dan mengontrol aset mereka secara langsung dengan menyimpan kunci privat sendiri.