Pemasangan Chip Berhasil, Pasien Pertama Neuralink Bisa Kendalikan Komputer Menggunakan Pikiran
Tangkapan layar siaran langsung Neuralink. (foto: X @Neuralink)

Bagikan:

JAKARTA – Neuralink, perusahaan yang menanam chip ke otak manusia, melakukan siaran langsung di platform X pada Rabu, 20 Maret lalu. Siaran langsung ini memperlihatkan pasien pertama dari Neuralink.

Pasien bernama Noland Arbaugh itu terlihat bermain catur secara online tanpa menyentuh perangkat komputernya. Arbaugh mampu mengendalikan kursor untuk memindahkan buah catur hanya menggunakan pikiran.

Bersama Engineer Neuralink Bliss Chapman, Arbaugh ingin menunjukkan bahwa pemasangan chip di otaknya memang berhasil. Namun, chip yang ditempatkan di dalam otaknya ini tetap memiliki beberapa kekurangan dan masalah yang tidak dijelaskan.

"(teknologi ini) tidak sempurna dan mengalami beberapa masalah," katanya. "Saya tidak ingin orang berpikir ini adalah akhir dari perjalanan, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, tapi itu sudah mengubah hidup saya."

Arbaugh pun menjelaskan bahwa operasi pemasangan chip berjalan dengan sangat mudah. Bahkan, ia bisa keluar dari rumah sakit sehari setelah dioperasi. Sejauh ini, Arbaugh tidak memiliki gangguan kognitif.

"Saya pada dasarnya sudah berhenti memainkan game itu (Civilization VI)," ungkap Arbaugh. "Kalian semua (Neuralink) memberi saya kemampuan untuk melakukannya lagi dan bermain selama 8 jam berturut-turut."

Arbaugh melakukan proses pemasangan implan pada bulan Januari. Ia terus berlatih setelah pemasangan chip dilakukan dan Elon Musk, pemilik Neuralink, pun sempat mengatakan bahwa Arbaugh mampu mengendalikan komputer hanya dengan pikiran.

Untuk saat ini, kemampuan chip masih terbatas pada pengendalian komputer. Namun, Musk mengatakan bahwa, "Sinyal dari korteks motorik otak dapat melewati bagian tulang belakang yang rusak agar orang dapat berjalan kembali dan menggunakan lengannya secara normal (dalam jangka panjang)."