Apple dan Google dalam Pembicaraan untuk Membangun Mesin AI Gemini ke dalam iPhone
Gemini dari Google, akan menjadi mesin AI di Apple (foto: x @Investingcom ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Apple sedang dalam pembicaraan untuk membangun mesin kecerdasan buatan (AI) Gemini milik Google ke dalam iPhone. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News. Negosiasi tersebut berkaitan dengan lisensi Gemini untuk beberapa fitur baru yang akan datang ke perangkat lunak iPhone tahun ini.

Saham Alphabet naik 5% dalam perdagangan pra-pasar AS, sementara Apple naik 0,5%. Kemungkinan besar tidak akan ada pengumuman kesepakatan hingga Juni, saat Apple berencana mengadakan konferensi tahunan para pengembangnya.

Kesepakatan potensial antara perusahaan tersebut dapat membantu Google memperluas penggunaan layanan AI-nya ke lebih dari 2 miliar perangkat Apple yang aktif, meningkatkan upaya raksasa pencarian tersebut untuk mengejar Microsoft yang didukung oleh OpenAI.

Kesepakatan tersebut juga dapat membantu meredakan kekhawatiran investor tentang peluncuran lambat aplikasi AI oleh Apple, yang telah kehilangan mahkota perusahaan paling berharga di dunia setelah penurunan 10% dalam sahamnya tahun ini.

Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kemitraan bertahun-tahun yang menjadikan Google sebagai mesin pencari default di peramban Safari milik Apple, dan kerjasama gen AI dapat membantu unit Alphabet menavigasi ketakutan bahwa layanan seperti ChatGPT dapat mengancam dominasi pencariannya.

Namun, kesepakatan tersebut juga dapat mengundang pengawasan yang lebih tajam dari regulator AS, yang telah menuntut Google dengan alasan melanggar hukum dengan membayar miliaran dolar kepada Apple untuk mempertahankan monopoli mesin pencariannya.

Google pada Januari bermitra dengan saingan Apple, Samsung, untuk menerapkan teknologi gen AI-nya dalam seri smartphone Galaxy S24 perusahaan Korea Selatan tersebut, sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan penggunaan Gemini setelah beberapa kesalahan selama peluncurannya.

CEO Apple, Tim Cook, mengatakan bulan lalu bahwa perusahaan tersebut sedang berinvestasi “secara signifikan” dalam AI generatif dan akan mengungkapkan lebih banyak tentang rencananya untuk menggunakan teknologi tersebut nanti tahun ini.

Laporan Bloomberg mengatakan bahwa Apple berencana menggunakan model AI buatan sendiri untuk beberapa kemampuan baru dalam iOS 18 mendatang, tetapi sedang mencari mitra untuk memberdayakan fitur gen AI, termasuk fungsi untuk membuat gambar dan menulis esai berdasarkan petunjuk sederhana.