Cara Ajukan Tambah Daya Listrik Lewat PLN Mobile Online Terbaru
Ilustrasi para petugas PLN (foto: dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara ajukan tambah daya listrik lewat PLN Mobile sebenarnya  mudah karena pengajuan bisa dilakukan secara online lewat aplikasi. Selain lebih mudah, PLN kerap memberikan diskon tambah daya listrik kepada masyarakat. Untuk lebih jelas, artikel ini akan memberikan cara pengajuan tambah daya listrik rumah di PLN Mobile.

Cara Ajukan Tambah Daya Listrik Lewat PLN Mobile

Penambahan daya listrik adalah langkah yang dibutuhkan untuk menambah daya agar listrik yang diterima oleh pelanggan tidak sering mati dan lebih stabil.

Pengajuan tambah daya listrik lewat PLN Mobile bisa jadi opsi. Namun konsumen harus melakukan pengajuan penambahan daya listrik lewat aplikasi tersebut. Sebelum melakukan pengajuan, masyarakat harus mengunduh aplikasi PLN Mobile. Setelah itu diharuskan membuat akun dengan menyantumkan nomor ponsel aktif. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Login dengan akun yang sudah terdaftar
  3. Setelah masuk di halaman utama, klik menu Perubahan Daya, setelah itu “Mulai”
  4. Pilih ID pelanggan yang sebelumnya sudah didaftarkan di aplikasi PLN Mobile, atau pemohon bisa memasukkan ID pelanggan setelah itu klik “Lanjutkan”
  5. Pemohon juga bisa menentukan koordinat lokasi yang sesuai menggunakan peta digital, lalu pilih “Ya”
  6. Silakan melengkapi data lokasi sesuai dengan kondisi, lalu “Lanjutkan”
  7. Ada beberapa pilihan yang harus ditentukan oleh pemohon yakni memilih daya baru, jenis koneksi (prabayar atau pascabayar), peruntukan listriknya. Setelah itu pilih “Lanjutkan”
  8. Isi data pelanggan serta data pemohon. Setelah itu klik “Lanjutkan” dan “Kirim Permohonan”
  9. Pemohon akan diarahkan menuju halaman yang memuat Syarat dan Ketentuan. Setelah membaca sampai akhir, klik “Setuju”
  10. Akan muncul halaman pemberitahuan bahwa Permohonan Berhasil. Setelah klik “OK”, akan muncul Detail Permohonan
  11. Klik “Lanjutkan Pembayaran”.
  12. Silakan melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang ada dengan nominal yang tercantum
  13. Akan muncul informasi baahwa pembayaran berhasil dilakukan setelah transaksi selesai.

Proses penambahan daya akan dilakukan selama dua hari kerja. Nanti petugas PLN akan menghubungi pemohon untuk menjadwalkan perubahan daya listrik sesuai yang diajukan lewat aplikasi. Setelah itu petugas akan mendatangi rumah yang didaftarkan.

Petugas akan melakukan pembukaan meteran listrik, melakukan penggantian MCB, menyegel MCB yang baru. Setelah instalasi berhasil, pemilik rumah harus memasukkan token listrik yang bisa dibeli di berbagai tempat. Token sendiri terdiri dari 16 digit.

Petugas PLN sendiri akan membantu memasukkan token prabayar yang sudah dibayarkan saat permohonan tambah daya dilakukan.

Masyarakat tak perlu khawatir dengan harga tambah daya. Pasalnya, sering pula PLN beri diskon tambah daya listrik untuk konsumennya.

Itulah cara ajukan tambah daya listrik lewat PLN Mobile. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.