Honduras Larang Lembaga Keuangan Berurusan dengan Kripto
Aset kripto dilarang di Honduras. (Foto; Dok. AnalyticInsight)

Bagikan:

JAKARTA - Honduras, salah satu negara di Amerika Tengah, telah mengeluarkan larangan bagi lembaga keuangan untuk berurusan dengan aset kripto, seperti bitcoin dan ethereum. Larangan ini diumumkan oleh Komisi Perbankan dan Asuransi Nasional Honduras (CNBS), yang merupakan otoritas pengawas sektor keuangan di negara tersebut.

Menurut laporan media lokal, CNBS telah mengeluarkan pernyataan resmi pada 17 Februari 2024, yang menjelaskan jangkauan dan alasan larangan tersebut. Pernyataan tersebut menyatakan bahwa bitcoin adalah “uang elektronik tanpa pengaturan,” yang lahir dari jaringan terdesentralisasi tanpa batasan atau perbatasan.

CNBS mengatakan bahwa bitcoin dan aset kripto lainnya tidak memiliki nilai intrinsik, tidak didukung oleh otoritas moneter, dan memiliki volatilitas dan risiko tinggi. CNBS juga mengatakan bahwa kripto dapat digunakan untuk aktivitas ilegal, seperti pencucian uang, pendanaan terorisme, dan penghindaran pajak.

BACA JUGA:


Oleh karena itu, CNBS memutuskan untuk melarang lembaga keuangan, seperti bank, lembaga keuangan non-bank, perusahaan asuransi, dan perusahaan sekuritas, untuk berperan sebagai perantara, penasihat, atau penyedia layanan untuk operasi dengan kripto. CNBS juga melarang lembaga keuangan untuk menyimpan kripto sebagai bagian dari kas mereka atau bahkan instrumen yang nilainya bergantung pada kinerja aset-aset ini.

CNBS mengatakan bahwa larangan ini bertujuan untuk melindungi kepentingan publik, menjaga stabilitas sistem keuangan, dan mencegah pencucian uang dan pendanaan terorisme. CNBS juga mengatakan bahwa larangan ini sesuai dengan rekomendasi dari FATF, yang telah mengeluarkan pedoman untuk negara-negara anggotanya tentang cara mengatur sektor kripto.

Larangan ini menempatkan Honduras sebagai salah satu negara paling bermusuhan terhadap kripto di dunia, bersama dengan negara-negara seperti Bolivia, Ekuador, dan Aljazair, yang juga melarang penggunaan kripto secara menyeluruh. Namun, larangan ini tidak berarti bahwa kripto ilegal di Honduras, karena tidak ada undang-undang yang mengatur atau melarangnya secara eksplisit.