Bagikan:

JAKARTA - Unit teknologi Change Healthcare milik UnitedHealth berharap gangguan dari serangan keamanan siber yang baru-baru ini terjadi, hanya akan berlangsung setidaknya hingga Senin, 26 Februari. Hal ini tertuang dalam pembaruan terbaru pada halaman status mereka.

Masalah tersebut dimulai pada Rabu pekan lalu 21 Februari, setelah "pelaku ancaman keamanan siber yang diduga terkait dengan negara" berhasil mengakses sistem teknologi informasi Change Healthcare.

Sejumlah rantai apotek, termasuk CVS Health  dan Walgreens, mengatakan bahwa gangguan tersebut telah berdampak pada bisnis mereka.

Change Healthcare adalah fasilitator kunci pembayaran elektronik dan pertukaran data di seluruh sistem perawatan kesehatan AS.

UnitedHealth Group didirikan pada tahun 1977 oleh Richard T. Burke. Perusahaan ini memiliki sejumlah bisnis di sektor layanan kesehatan. UnitedHealthcare adalah unit asuransi kesehatan dari UnitedHealth Group, yang menawarkan berbagai jenis polis asuransi kesehatan kepada individu, keluarga, dan perusahaan.

Kemudian terdapat Optum, yang merupakan divisi layanan kesehatan berbasis data dari UnitedHealth Group, menyediakan layanan seperti manajemen data kesehatan, analisis data, solusi teknologi kesehatan, manajemen farmasi, dan layanan kesehatan mental.

UnitedHealth Group juga memiliki sejumlah fasilitas perawatan kesehatan, termasuk fasilitas perawatan jangka panjang, pusat perawatan kesehatan terpadu, dan jaringan dokter serta rumah sakit.

OptumRx adalah unit pengelolaan manfaat resep dari UnitedHealth Group yang menyediakan layanan manajemen farmasi untuk perusahaan, pemerintah, dan organisasi kesehatan.

UnitedHealth Group juga terlibat dalam pengembangan dan penyediaan teknologi kesehatan, termasuk sistem informasi kesehatan elektronik (EHR), platform telemedicine, dan solusi teknologi kesehatan lainnya.

UnitedHealth Group secara keseluruhan merupakan salah satu pemimpin terkemuka di sektor layanan kesehatan global, dengan kehadiran yang kuat di berbagai segmen industri dan layanan yang beragam bagi pelanggan dan pasien di seluruh dunia.