Koin Meme Meroket, BONK dan WIF Catat Kenaikan Harga Fantastis
Bonk dan token meme lain melonjak signifikan. (Foto; Dok. BlockTempo)

Bagikan:

JAKARTA - Aset kripto berbasis meme atau meme coin kembali menjadi sorotan setelah dua proyek, BONK dan WIF, mencatat kenaikan harga yang fantastis dalam beberapa hari terakhir. Kedua proyek ini berhasil menarik perhatian pasar dan membuka peluang bagi meme coin lainnya untuk mengikuti jejak mereka.

BONK naik sebesar 40% sejak terendahnya baru-baru ini, menembus pola konsolidasi jangka panjang. Sementara itu, Dogwifhat (WIF) juga mengalami momentum yang sama dengan melonjak 70% dalam empat hari terakhir.

BONK dan WIF merupakan adalah pendatang baru dalam daftar meme coin setelah melonjak ke nilai kapitalisasi pasar tertinggi sebesar 1,5 miliar dolar AS (Rp 23,4 triliun) dan 330 juta dolar AS (Rp 5,2 triliun) pada Desember 2023, mengamankan posisi mereka di samping Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB).

Sejak mencapai puncaknya, kedua aset kripto ini telah mengalami tren penurunan setelah diperdagangkan di dalam pola konsolidasi segitiga menurun, dengan support yang terbentuk di 0,00001 dolar AS  untuk BONK dan  0,17 dolar AS (Rp 2.656) untuk WIF.

Lonjakan harga dalam empat hari terakhir memungkinkan BONK dan WIF untuk menembus konsolidasi ini, memulai pembalikan tren. Kedepannya, resistensi pertama terletak di  0,000015 dolar AS (Rp 234) untuk BONK dan  0,4 dolar AS (Rp 6.252) untuk WIF. Ini diikuti oleh resistensi di  0,000017 dolar AS (Rp 265) dan  0,00002 dolar AS (Rp 312) untuk BONK, serta 0,45 dolar AS (Rp 7.034) dan 0,5 dolar AS (Rp 7.815) untuk WIF.

Meme Coin Lainnya Siap Bersaing

Meski BONK dan WIF pasti menjadi studi kasus menarik dalam ruang meme coin, ada pesaing lain yang mampu memberikan keuntungan yang jauh lebih besar yang bersaing untuk perhatian para trader.

Pesaing itu adalah Smog Token (SMOG), sebuah proyek yang menciptakan buzz besar di pasar kripto setelah menjadi multi-chain dalam waktu hanya empat hari. SMOG diluncurkan secara adil di Jupiter, sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan meluncurkan token mereka sendiri, pada 7 Februari.

Aset kripto ini membawa utilitas airdrop yang unik ke ruang meme coin yang memungkinkan pengguna membeli dan menyimpan SMOG untuk mendapatkan poin airdrop untuk memenuhi syarat mendapatkan airdrop historis. Airdrop historis adalah airdrop yang didasarkan pada snapshot dari blockchain tertentu pada waktu tertentu di masa lalu.

SMOG telah berhasil mengintegrasikan dirinya dengan Solana (SOL) dan Ethereum (ETH), dua blockchain terbesar kedua dan ketiga di dunia, dalam waktu singkat. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dan adaptabilitas proyek ini dalam mengikuti perkembangan pasar kripto.

SMOG juga berpeluang menjadi meme coin yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, karena menggunakan mekanisme proof-of-stake (PoS) yang hemat energi, berbeda dengan meme coin lainnya yang menggunakan proof-of-work (PoW) yang boros energi.