Avalanche Bikin Panduan Kelayakan Pembelian Koin Meme
Avalanche, platform blockchain terkemuka di ruang kripto. (Foto; Dok. Coinrivert)

Bagikan:

JAKARTA – Platform blockchain Avalanche, melalui Avalanche Foundation memberikan panduan kriteria kelayakan pembelian koin meme. Pasalnya koin meme telah menarik perhatian publik sejak masuknya koin meme pertama, Dogecoin, di ruang kripto.

Setelah Dogecoin, koin meme lain mulai bermunculan di berbagai jaringan blockchain dengan menawarkan pengembalian dana dalam jumlah yang cukup tinggi. Meski begitu, koin meme juga tidak terlepas dari volatilitas harga yang membayanginya. Oleh karena itu, Avalanche Foundation selaku pengelola Avalanche blockchain memberikan beberapa panduan yang bisa menjadi pijakan bagi investor yang tertarik pada koin meme.

Avalanche Foundation menguraikan ada tiga kriteria yang harus dipertimbankan sebelum membeli koin meme. Salah satunya adalah meme koin harus bersifat independen alias berdiri sendiri di luar kreatornya dan merupakan token yang dikembangkan di jaringan Avalanche.

Lebih lanjut, Avalanche Foundation melarang investor membeli koin meme jika koin atau token meme tersebut dialokasikan kepada tim pengembang, koin meme tiruan dari blockchain lain, atau tim pengembang belum meninggalkan proyek. Kemudian, Avalanche Foundation mencegah pembelian koin meme yang ditimbun oleh whale atau paus kripto. Selain itu, koin meme yang kurang mendapat pengawasan dari perusahaan keamanan siber atau badan sekuritas.

Koin meme harus memenuhi kriteria tertentu, termasuk memiliki minimal 20.000 holder dengan 100 teratas memiliki kurang dari 60 persen dari total pasokan. Persyaratan lain termasuk lebih dari 200.000 dolar AS dalam likuiditas yang disediakan oleh 50 penyedia, minimum kapitalisasi pasar sebesar 1 juta dolar AS, volume perdagangan harian rata-rata selama dua pekan mencapai 100.000 dolar AS seperti yang dilansir Coinspeaker.

Pihak Avalanche Foundation menilai bahwa panduan ini ditujukan untuk mendukung koin meme yang ada. Dengan begitu komunitas kripto dapat melakukan riset, mempertimbangkan, dan memahami proyek dari koin meme teresebut. Meski begitu, Avalanche tidak menjanjikan akan membeli koin meme jika memenuhi kriteria tersebut.

Di sisi lain, Avalanche Foundation kerap melakukan pembelian koin meme dengan menggunakan dana “Culture Catalyst” sebesar 100 juta dolar AS. Dengan mengalokasikan sebagian dana tersebut, Avalanche tidak hanya memperkuat keterlibatannya di sejumlah proyek. Upaya ini juga merupakan bagian dari diversifikasi dana perusahaan guna mendukung pengembangan cryptocurrency.