WEN, Koin Meme Terbaru dari Solana Melesat 93% dalam Empat Jam
Koin meme baru dari jaringan Solana, WEN melonjak signifikan. (Foto; Dok. Wenwencoin)

Bagikan:

JAKARTA - WEN, koin meme yang dikembangkan di jaringan Solana, mencatatkan volume perdagangan luar biasa di bursa terdesentralisasi (DEX) Raydium. Dalam kurun waktu kurang dari delapan jam, volume perdagangan WEN mencapai lebih dari $55 juta (Rp 869,8 miliar), menurut data dari aggregator perdagangan Birdeye.

WEN Solana adalah hasil dari kolaborasi antara DEX aggregator di jaringan blockchain Solana Jupiter Exchange dengan Ovols, platform standar tokenisasi yang mengintegrasikan token non-fungible (NFT) ke dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi). WEN dibuat berdasarkan puisi yang ditulis oleh salah satu pendiri Jupiter Exchange yang diidentifikasi sebagai Meow pada Desember 2023.

Puisi tersebut merupakan sindiran terhadap meme 'wen token' yang populer di kalangan pengguna kripto, yang menunjukkan ketidaksabaran mereka untuk mendapatkan airdrop atau distribusi gratis token dari proyek blockchain. Puisi tersebut kemudian diubah menjadi NFT, yang dipecah menjadi satu triliun bagian oleh Ovols. Oleh karena itu, setiap token WEN merupakan sebagian kecil dari NFT puisi milik Meow.

WEN Solana dapat diklaim secara gratis oleh lebih dari satu juta dompet yang memenuhi syarat, mulai dari 26 Januari hingga 29 Januari melalui LFG Launchpad, sebuah platform yang disediakan oleh Jupiter Exchange untuk meluncurkan token baru. Setiap dompet yang berhak menerima 643.652 token WEN, yang pada saat peluncuran pada pukul 15.00 UTC, dapat dijual sekitar $35 (Rp 553.525).

Namun, harga WEN Solana tidak lama bertahan di level tersebut. Menurut Birdeye, harga WEN melonjak hampir 93% dalam empat jam terakhir, mencapai $0,0001232 (Rp 1,95) per token. Artinya, pengguna yang menunggu dapat menjual token mereka dan mendapatkan keuntungan hampir dua kali lipat dari para pedagang yang segera menjualnya setelah periode klaim dimulai.

Meskipun $55 juta (Rp 869,8 miliar) mungkin tampak kecil jika dibandingkan dengan volume perdagangan aset kripto dengan kapitalisasi pasar sepuluh digit, perlu dicatat bahwa WEN Solana telah mencatatkan hampir 503.000 perdagangan di Raydium. Hal ini menunjukkan minat dan antusiasme yang tinggi terhadap memecoin berbasis puisi ini.

WEN Solana diumumkan secara resmi pada 25 Januari melalui platform X, sebuah platform media sosial yang berfokus pada konten kripto. WEN Solana diklasifikasikan sebagai "koin komunitas untuk memberi kembali dan mengabadikan budaya WEN."

Fenomena WEN menunjukan langkah strategis dalam meluncurkan token tata kelola (governance) Jupiter Exchange, yaitu $JUP, yang dijadwalkan dirilis pada 31 Januari. $JUP akan didistribusikan secara gratis kepada 942.000 dompet yang memenuhi syarat, menandai salah satu airdrop terbesar dalam sejarah Solana.