Bagikan:

JAKARTA - Pasar kripto mengalami sedikit pemulihan dalam beberapa hari terakhir, termasuk Bitcoin (BTC), altcoin, dan koin meme. Meskipun koin meme menjadi pemenang terbesar, beberapa kategori koin menunjukkan lonjakan lebih signifikan daripada yang lain karena berbagai faktor.

Dilansir dari CoinGape, koin meme bertema anjing berhasil melampaui rivalnya dengan kapitalisasi pasar mencapai 35,6 miliar Dolar AS (sekitar Rp585 triliun), naik sebesar 1%. Sentimen bullish terutama didorong oleh popularitas token bertema anjing seperti Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB).

Selain mendorong kenaikan untuk aset lainnya, beberapa kripto bertema anjing mengalami lonjakan harga harian. AMATERASU OMIKAMI naik 25,6% dan diperdagangkan pada 0,113 Dolar AS (sekitar1.858) dalam 24 jam terakhir. PolyDoge dan Dingocoin juga mengikuti dengan kenaikan masing-masing 7,1% dan 6,2%.

Dogecoin mengalami kenaikan sebesar 1,2%, diperdagangkan pada 0,1244 Dolar AS (sekitar Rp2.046), di tengah spekulasi akan adanya bull run di masa depan. FLOKI dan BONK juga mengalami kenaikan dengan inflows masing-masing 2,5% dan 0,3% dalam 24 jam terakhir.

Biasanya, token bertema anjing melihat lebih banyak sentimen bullish karena kedalaman komunitas dan penambahan utilitas pada beberapa aset. Akumulasi aset meme baru-baru ini juga menambah permintaan untuk aset top karena indikator makroekonomi bergerak positif. Inflasi yang melambat dan pemotongan suku bunga menjadi indikator positif karena investor cenderung memindahkan dana ke aset berisiko.

BACA JUGA:


Solana dan Token Bertema Kucing Terpuruk

Kategori koin meme lainnya mengalami penurunan meskipun ada sedikit aliran masuk ke pemenang. Koin meme Solana melonjak pada kuartal pertama 2024 setelah antusiasme baru dari pembuat pasar. Saat ini, koin meme Solana mencatatkan kenaikan 1,3% dengan kapitalisasi pasar sebesar 6,1 miliar Dolar AS (sekitar Rp100 triliun). Demikian pula, token bertema kucing yang melihat aliran masuk bulan lalu juga mengalami penurunan sebesar 1,4% dalam 24 jam terakhir.

Fenomena ini menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan, koin meme bertema anjing terus menarik minat investor berkat dukungan komunitas yang kuat dan perkembangan utilitas yang menjanjikan. Dengan kondisi makroekonomi yang menguntungkan, koin meme ini mungkin terus mengungguli rivalnya dalam waktu dekat.