Cara Mencari Folder yang Menyimpan Hasil Screenshot di Perangkat Windows
Ilustrasi mencari hasil screenshot di Windows (dok. Microsoft).

Bagikan:

JAKARTA – Jika Anda baru menggunakan komputer dengan tenaga Windows atau tidak terbiasa dengan fitur screenshot, Anda mungkin sedang mencari di mana letak hasil screenshot yang tersimpan.

Sebenarnya, ada beberapa tempat yang mungkin menyimpan hasil tangkapan layar di perangkat Anda, tetapi bergantung pada metode yang digunakan. Biasanya, screenshot dilakukan dengan metode tombol Print Screen (Prt Sc) dan Snipping Tool.

Mengutip dari Makeuseof, melakukan screenshot menggunakan tombol Win + Prt Sc biasanya akan masuk ke clipboard. Namun, Windows juga akan menyimpan hasil tangkapan layar ke salah satu folder di perangkat yang Anda gunakan.

Anda bisa membuka File Explorer, lalu cari folder Pictures dan buka folder Screenshots. Seharusnya, screenshot yang baru Anda lakukan akan tersimpan dalam format PNG dan diberi keterangan Screenshot beserta urutan angkanya.

Selanjutnya, jika Anda melakukan screenshot dengan Snipping Tool, hasilnya juga akan tersimpan di clipboard atau di folder Screenshots yang ada di folder Pictures. Namun, ada kemungkinan file tersebut disimpan di folder lain.

Cara termudah untuk melihat di mana hasil gambarnya tersimpan, coba lakukan screenshot terlebih dahulu. Saat pop-up muncul di pojok kanan bawah layar, klik gambarnya hingga jendela kesejahteraan muncul dan opsi pengeditan terlihat.

Kemudian, simpan hasil gambarnya ke folder yang mudah dicari. Caranya dengan mengeklik ikon simpan di pojok kanan atas atau menekan tombol Ctrl + S pada keyboard. Setelah itu, pilih lokasi atau folder yang diinginkan untuk menyimpan file.

Terakhir, jika Anda melakukan screenshot dengan tombol Windows + G, Anda bisa mendapatkan hasilnya di Xbox Game Bar. Anda hanya perlu membuka This PC, lalu klik Locak Disk (C:). Setelah itu, klik Pengguna, cari (nama pengguna Anda), lalu klik Video dan Captures.