Swan Bitcoin Lebarkan Lini ke Bisnis Pertambangan Bitcoin, Siapkan Kapasitas 8 Exahash
Swan Mining berencana meningkatkan kapasitas penambangan Bitcoin. (Foto; Dok. Cryptorig)

Bagikan:

JAKARTA - Platform yang menawarkan berbagai layanan untuk membeli, belajar, dan mendapatkan Bitcoin, Swan Bitcoin, baru-baru ini mengumumkan anak usahanya yang bergerak di bidang pertambangan Bitcoin, yaitu Swan Mining. Swan Mining diklaim sebagai salah satu perusahaan pertambangan Bitcoin terkemuka di dunia, dengan kapasitas hashpower mencapai 4 exahash per detik (EH/s) saat ini.

Swan Mining berencana untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi lebih dari 8 EH/s pada Maret 2024, dengan membeli dan menerima pengiriman peralatan pertambangan terbaru dari produsen terkemuka. Swan Mining juga telah menjalin beberapa kemitraan strategis dengan pemain industri utama, meskipun tidak disebutkan secara rinci siapa saja mitra tersebut.

"Swan Mining dikembangkan dan diterapkan dengan kecepatan tinggi," kata Rapha Zagury, Chief Investment Officer (CIO) di Swan dan kepala Swan Mining. "Pemahaman kami adalah bahwa ini adalah penyebaran awal kecepatan tercepat sepanjang sejarah Bitcoin dalam skala ini. Kami bangga memainkan peran dalam menjaga desentralisasi pertambangan Bitcoin," tambahnya.

Swan Mining merupakan bagian dari ekspansi Swan Bitcoin, yang sebelumnya hanya fokus pada layanan pembelian Bitcoin secara berkala atau instan dengan biaya rendah dan penarikan gratis. Swan Bitcoin juga menyediakan layanan pendidikan, media, dan konsultasi tentang Bitcoin untuk kliennya.

Langkah Swan Bitcoin ke sektor pertambangan Bitcoin sejalan dengan persaingan sengit di industri ini, yang dipicu oleh kenaikan harga Bitcoin sekitar 150 persen sepanjang 2023⁷. Banyak perusahaan pertambangan Bitcoin yang berinvestasi besar-besaran dalam mengakuisisi rig pertambangan baru dan memperbesar fasilitasnya.

Sekitar 87 hari lagi, jaringan Bitcoin akan mengalami halving keempat, yaitu pengurangan separuh dari reward blok yang diberikan kepada penambang setiap 10 menit. Halving ini akan mengurangi reward blok dari 6,25 Bitcoin menjadi 3,125 Bitcoin per blok. Halving ini diharapkan dapat meningkatkan nilai Bitcoin karena semakin langkanya pasokan.