Gary Gensler Peringatkan Investor Kripto Jelang Keputusan ETF Bitcoin, Ini Kata Ketua SEC!
Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Gary Gensler. (Foto; Dok. Protocol)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler, mengeluarkan peringatan keras terkait investasi dalam aset kripto, seperti bitcoin, pada Senin, 9 Januari 2024. Peringatan ini muncul di tengah harapan pasar akan persetujuan dana pertukaran (ETF) bitcoin spot oleh SEC pada minggu ini.

Gensler menulis serangkaian postingan di platform media sosial X yang berisi "pertimbangan-pertimbangan jika Anda memutuskan berinvestasi dalam aset kripto". Dia mengungkapkan beberapa kekhawatiran utama yang berkaitan dengan investasi kripto, yaitu:

  1. Pelanggaran hukum

Gensler mengatakan bahwa banyak penyedia investasi atau layanan aset kripto tidak mematuhi hukum yang berlaku, termasuk hukum sekuritas federal. Akibatnya, investor dalam sekuritas aset kripto mungkin kehilangan informasi kunci dan perlindungan penting lainnya terkait investasinya.

  1. Risiko tinggi

Gensler menekankan bahwa investasi dalam aset kripto bisa sangat berisiko dan sering kali volatil. Dia mencontohkan bahwa sejumlah platform besar dan aset kripto telah menjadi tidak likuid dan/atau kehilangan nilai. Dia juga mengingatkan bahwa investasi dalam aset kripto tetap tunduk pada risiko signifikan, seperti peretasan, pencurian, dan manipulasi pasar.

  1. Penipuan

Gensler memberi peringatan bahwa penipu terus memanfaatkan popularitas aset kripto untuk menarik investor ritel ke dalam penipuan. Dia menyebutkan beberapa jenis penipuan yang sering terjadi, seperti penawaran koin scam, skema Ponzi & skema piramida, serta pencurian langsung di mana promotor proyek membawa kabur uang investor.

Peringatan Gensler ini dianggap sebagai sinyal bahwa SEC akan segera mengambil keputusan tentang ETF bitcoin spot, yang merupakan produk investasi yang mengikuti harga bitcoin secara langsung. Saat ini, ada 10 pendaftar ETF bitcoin spot yang sedang menunggu keputusan SEC, yaitu Ark Invest, 21shares, Bitwise, Fidelity, Galaxy Digital, Grayscale, Kryptoin, NYDIG, Valkyrie, dan WisdomTree.

Keputusan SEC diharapkan akan diumumkan pada Rabu, yang merupakan batas waktu untuk proposal ETF bitcoin spot oleh Ark Invest milik Cathie Wood dan 21shares. Jika disetujui, ETF bitcoin spot akan menjadi produk investasi kripto pertama yang mendapatkan izin resmi dari SEC.

Beberapa orang di media sosial melihat peringatan Gensler sebagai tanda bahwa SEC akan menyetujui ETF bitcoin spot. "Katakan kepada saya [jika] Anda akan menyetujui ETF bitcoin tanpa mengatakannya," komentar Eric Weiss, seorang pengamat kripto.

Di sisi lain, Gensler juga telah lama dikritik karena mengambil pendekatan penegakan hukum yang keras terhadap industri kripto. Beberapa legislator AS menyarankan supaya Gensler dicopot dari ketua pengawas sekuritas. Pada akhir pekan lalu, SEC mengeluarkan peringatan tentang ketakutan ketinggalan (FOMO) yang bisa menjerumuskan investor kripto ke dalam kerugian.