Bagikan:

JAKARTA - Microsoft telah mengumumkan kemitraan barunya dengan Suno, pemimpin dalam teknologi musik AI, yang mempelopori kemampuan untuk menghasilkan lagu, instrumental, dan suara nyanyian dari satu kalimat. 

Melalui kemitraan ini, semua orang kini dapat menciptakan lagu mereka sendiri menggunakan Microsoft Copilot (yang dulu dikenal Bing AI), hanya dengan membuat satu perintah atau satu kalimat saja. 

“Kami sangat gembira untuk menyampaikan bahwa kami telah bermitra dengan Suno, pemimpin dalam kreasi musik berbasis kecerdasan buatan untuk menghadirkan kemampuan mereka ke Microsoft Copilot,” tulis Microsoft dalam pengumuman di situs resminya, dikutip Rabu, 20 Desember. 

Dengan gabungan teknologi Suno dan Microsoft Copilot, Anda tidak perlu lagi mengtahui cara menyanyi, memainkan alat musik, atau membaca musik untuk mewujudkan ide musik Anda, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Microsoft Edge, kunjungi copilot.microsoft.com dan pastikan Anda masuk dengan Akun Microsoft Anda
  2. Aktifkan plugin Suno atau klik logo Suno yang bertuliskan, Make music with Suno
  3. Minta Copilot untuk membuatkan lagu untuk Anda seperti, “Buat lagu pop tentang petualangan bersama keluarga
  4. Ikuti lagu baru Anda
  5. Bagikan di media sosial atau dengan teman dan kolega Anda

“Kami percaya bahwa kemitraan ini akan membuka cakrawala baru untuk kreativitas dan kesenangan, membuat kreasi musik dapat diakses oleh semua orang,” jelas perusahaan lebih lanjut. 

Kemampuan membuat lagu baru ini akan mulai diluncurkan kepada pengguna mulai hari ini dan akan ditingkatkan dalam beberapa minggu mendatang.