Mantan Presiden New York Stock Exchange: Pasar Kripto Bakal Naik Jika ETF Bitcoin Disetujui SEC
Mantan Presiden New York Stock Exchange, Tom Farley. (Foto; Dok. CoinTouchNews)

Bagikan:

JAKARTA – Pengajuan proposal Exchange Traded-Fund (ETF) Bitcoin telah menjadi pusat perhatian publik. Pasalnya ETF Bitcoin yang ditujukan untuk investor institusional dinilai bakal mendongkrak harga pasar kripto. Kali ini mantan Presiden New York Stock Exchange (NYSE), Tom Farley, turut mengomentari pandangannya mengenai dampak ETF Bitcoin.

Farley mengungkapkan pandangannya tentang prospek industri kripto jika Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin dan pengaruhnya terhadap pasar. Dia juga memprediksi bahwa pasar kripto akan mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini diungkapkan Farley dalam wawancara bersama CNBC.

Sebagai informasi tambahan, Tom Farley pernah menjabat sebagai Presiden Grup NYSE dari 2014 hingga 2018. Pada pekan lalu dia membahas implikasi dari persetujuan ETF bitcoin oleh SEC. Bersamaan dengan itu, dia mengutarakan optimismenya terhadap Bitcoin, karena semua regulator AS, termasuk SEC, telah menyatakan bahwa BTC bukanlah sekuritas.

“Jadi mungkin ETF bitcoin akan berjalan [diproses] dengan cepat, yang bisa menjadi hal yang bagus untuk industri ini,” tutur mantan kepala NYSE.

Lebih lanjut, Farley menilai bahwa dana akan mengalir ke pasar kripto setelah ETF Bitcoin mendapat persetujuan. “Uang akan membanjiri industri dengan ETF bitcoin. Lebih mudah untuk membeli. Orang-orang percaya pada bitcoin. Bitcoin adalah inovasi yang hebat.”

Mengomentari keadaan pasar kripto yang sempat mengalami penurunan pasca bos bursa kripto Binance mundur dari jabatan CEO, Farley percaya bahwa pasar bullish sudah ada dimulai. “Dalam pandangan saya, kenaikan [harga kripto] sudah dimulai. Pertukaran yang menang akan dipercaya, patuh, dan mendukung serta memperkuat industri aset digital.”

Farley sendiri rupanya memiliki bursa kripto bernama Bullish, diluncurkan pada tahun 2021. Pertukaran kripto ini mendapat dukungan dari sejumlah investor terkemuka, termasuk Peter Thiel, Alan Howard, Louis Bacon, Richard Li, Mike Novogratz, Christian Angermayer, dan bank investasi Nomura. Bullish baru-baru ini mengakuisisi outlet media kripto Coindesk.