Fitur AI Baru Google Photos Bantu Merapikan Galeri Anda secara Otomatis
Fitur baru Google Photos yang didukung AI (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan bahwa mulai meluncurkan fitur baru yang didukung kecerdasan buatan (AI) ke Google Photos, untuk membantu Anda dalam merapikan galeri. 

Dalam pengumuman di blog resminya, Google mengatakan bahwa fitur ini akan mengelompokkan foto-foto serupa dan secara cerdas mengatur tangkapan layar dan dokumen ke dalam album, sehingga Anda mudah menemukannya.

“Baik Anda mencoba mengabadikan matahari terbenam atau foto grup besar, mungkin diperlukan beberapa kali upaya untuk mendapatkan foto yang sempurna. Namun semua foto itu dapat menambah jumlah besar ke galeri Anda. Faktanya, sepertiga galeri kebanyakan orang berisi foto-foto serupa,” tulis Guillermo Krovblit, Product Manager, Google Photos. 

Jadi, untuk membantu membuat galeri Anda lebih rapi, Google Photos akan secara otomatis mengidentifikasi dan mengelompokkan foto serupa yang diambil berdekatan ke dalam Photo Stack dan memilih pilihan teratas yang paling bagus dari momen tersebut. 

Meskipun hal itu bisa dilakukan dengan mudah menggunakan AI, tetapi Anda masih memiliki opsi untuk memilih foto Anda sendiri sebagai pilihan teratas, memodifikasi stack, atau mematikan Photo stack kapan saja sehingga Anda dapat melihat semuanya di galeri Foto Anda. 

Lebih dari itu, kini Anda dapat mengatur pengingat di kalender Anda dari tangkapan layar tiket atau gambar brosur yang Anda ambil untuk acara mendatang. 

“Katakanlah Anda memiliki tangkapan layar tiket konser di Google Foto, cukup klik 'Setel Pengingat' untuk menambahkannya ke kalender, dan Anda akan mendapatkan pengingat berguna untuk melihat kembali tangkapan layar tersebut saat Anda membutuhkannya,” tambahnya. 

Anda juga dapat memilih untuk mengarsipkan tangkapan layar dan dokumen secara otomatis setelah 30 hari, yang akan menyembunyikannya dari galeri utama Anda namun tetap dapat diakses dari album khusus mereka.

Photo Stack dan penyempurnaan untuk tangkapan layar dan dokumen mulai diluncurkan ke Google Photos di Android dan iOS.