Perusahaan Kripto Bitget Berhenti Beroperasi di Hong Kong, Pengguna Terpaksa Tarik Dana
Bitget akan berhenti beroperasi di Hong Kong pada akhir tahun ini. (Foto; Dok. Bitcoin Insider)

Bagikan:

JAKARTA - Bitget, salah satu bursa kripto terkemuka di dunia, memutuskan untuk tidak mengajukan lisensi Virtual Asset Trading Platform (VATP) di Hong Kong. Hal ini menunjukkan perubahan strategi pasar Bitget seiring dengan perkembangan bisnis dan pasar kripto yang dinamis. Akibatnya, Bitget akan menghentikan operasi di Hong Kong pada 13 Desember 2023.

Keputusan ini diumumkan oleh Bitget pada 13 November 2023, dengan menyatakan bahwa BitgetX, divisi Hong Kong, akan berhenti beroperasi pada 13 Desember 2023. Hal ini berarti Bitget akan meninggalkan pasar Hong Kong, karena tanpa lisensi VATP, perusahaan tidak dapat melanjutkan operasi regionalnya.

Oleh karena itu, perusahaan telah mendesak pengguna untuk menarik aset kripto mereka dari BitgetX sebelum batas waktu. Setelah 13 Desember, situs web BitgetX tidak akan dapat diakses, sehingga pengguna tidak dapat mengelola atau mengakses aset mereka di platform.

Keputusan Bitget untuk menghentikan operasi dan tidak mengajukan lisensi VATP menggarisbawahi kompleksitas dan tantangan bursa kripto dalam mengikuti regulasi di berbagai yurisdiksi. Lisensi VATP adalah persyaratan yang diberlakukan oleh Securities and Futures Commission (SFC) Hong Kong untuk bursa kripto yang ingin beroperasi di Hong Kong.

Bagi pengguna Bitget, perkembangan ini berarti pergeseran fokus langsung ke penarikan aset mereka, karena aktivitas perdagangan telah berhenti, hanya menyisakan fitur penarikan (withdrawal) saja yang berfungsi. Selain itu, bursa telah berhenti menerima pengguna baru sejak 13 November, memperkuat komitmennya untuk keluar dengan lancar dan teratur dari pasar Hong Kong.