WhatsApp Akan Hadirkan Pilihan Multi Akun dalam Satu Aplikasi
 WhatsApp akan tambahkan fitur multiakun di satu aplikasi (foto: dok. WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA – WhatsApp kini menghadirkan kenyamanan menggunakan dua akun dalam satu aplikasi bagi para penggunanya. Fitur ini baru saja diperkenalkan melalui blog resmi mereka.

Memiliki dua akun tentu menjadi solusi yang bagus bagi beberapa pihak, khususnya para pekerja. Pengguna bisa memiliki dua akun sekaligus untuk memisahkan urusan pekerjaan dan keluarga.

WhatsApp pun memikirkan kebutuhan ini. Dibandingkan dengan menggunakan sistem dual aplikasi pada perangkat atau memiliki dua ponsel, lebih baik untuk memiliki dua akun yang berbeda dalam satu aplikasi.

Fitur ini hampir serupa dengan sistem multiakun di Telegram, hanya saja tampilannya berbeda. Pengguna perlu mengakses pengaturan untuk mengganti akun, berbeda dengan Telegram yang bisa mengganti akun dengan lebih mudah.

Meski sedikit merepotkan, fitur baru ini tetap menjadi terobosan yang baik dari WhatsApp. Setidaknya, pengguna hanya perlu menyiapkan dua kartu SIM pada perangkatnya,  baik multi-SIM maupun e-SIM.

Dual SIM ini menjadi ketentuan utama sebelum pengguna memiliki dua akun di WhatsApp. Setelah memastikan kedua nomor aktif, buka pengaturan WhatsApp dan klik tanda panah di samping nama pengguna.

Setelah diklik, pilih Tambahkan Akun dan daftarkan akun baru sesuai dengan nomor yang dimiliki. Untuk memisahkan notifikasi dan mengatur privasi, pengguna bisa mengontrol keduanya melalui pengaturan di masing-masing akun.

WhatsApp sendiri mengatakan bahwa fitur ini akan segera hadir, tetapi tidak memberikan rincian waktu yang jelas. WhatsApp juga tidak menjelaskan apakah fitur ini akan tersedia di dua sistem perangkat pintar, yaitu Android dan iOS.