Bagikan:

JAKARTA - Selama konferensi tahunan Adobe Max, perusahaan mengumumkan sebelas alat prototipe berbasis kecerdasan buatan (AI) yang sangat menjanjikan. Ini termasuk perangkat pemutih video yang mengesankan dan Project Stardust - mesin pengeditan yang "sadar akan objek" yang secara otomatis mengidentifikasi objek individu dalam foto sehingga dapat dengan mudah dipindahkan, diubah, atau dihapus.

Adobe menggunakan program "Sneak" untuk memamerkan teknologi masa depan yang saat ini sedang dikembangkan dan mengukur minat publik yang dapat memengaruhi perkembangan teknologi tersebut. Tidak semua fitur "Sneak" pasti akan masuk ke dalam katalog produk Adobe, tetapi banyak fitur populer, seperti alat Content-Aware Fill di Adobe After Effects, dapat ditelusuri kembali ke pratinjau "Sneak".

Berikut beberapa dari alat "Sneak" yang menarik:

  1. Project Stardust: Alat ini secara otomatis mengidentifikasi setiap objek dalam sebuah gambar dan memungkinkan pengguna untuk menggerakkan bagian-bagian tersebut tanpa harus memotongnya secara manual. Latar belakang di belakang objek yang dihapus secara otomatis diisi sesuai dengan lingkungannya, dan Anda bahkan dapat menghasilkan aset yang sepenuhnya baru untuk ditempatkan dalam gambar.

  2. Project Primrose: Ini adalah sebuah gaun interaktif yang menggunakan "layar tekstil fleksibel," memungkinkan pemakainya untuk menampilkan pola dan gambar pada tubuh mereka seperti layar yang dapat diprogram.

  3. Project Poseable: Alat ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis memposisikan karakter 3D dengan mengunggah gambar referensi 2D, bukan dengan menggerakkan bagian-bagian model secara manual.

  4. Project Dub Dub Dub: Alat ini secara otomatis menerjemahkan rekaman suara atau trek audio video ke dalam beberapa bahasa yang didukung tanpa mengubah suara asli pembicara.

  5. Project See Through: Alat ini mempermudah penghapusan refleksi dalam foto yang diambil melalui jendela atau kaca, yang seringkali menjadi masalah dalam fotografi.

Fitur-fitur "Sneak" ini merupakan pengembangan eksperimental dan mungkin belum semuanya akan diimplementasikan dalam produk Adobe, tetapi mereka memberikan gambaran tentang kemungkinan perangkat dan teknologi di masa depan.