Bagikan:

YOGYAKARTA - Hadirnya teknologi artificial intelligence (AI) telah memudahkan para content creator dalam memproduksi konten. Dengan memanfaatkan AI, pembuatan konten menjadi lebih praktis tanpa perlu memakan waktu lama dan berpikir keras. Lantas apa saja tools ai untuk content creator?

Di era digital dengan persaingan yang tinggi, para content creator dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Termasuk memakai AI agar lebih produktif dalam pembuatan konten. Teknologi AI dapat membantu berbagai keperluan, mulai dari pembuatan artikel hingga konten visual. Ada beberapa tools AI untuk content creator yang perlu Anda tahu. 

Tools AI untuk Content Creator

Banyak content creator hingga pekerja digital yang mengkhawatirkan kehadiran AI karena dinilai bakal menggantikan profesi atau pekerjaan mereka. Padahal seharusnya keberadaan AI dimanfaatkan oleh para content creator untuk memudahkan atau meringankan pekerjaan. 

Berikut ini beberapa tools ai untuk content creator yang bisa Anda pakai:

ChatGPT

Chat GPT telah menjadi salah satu tools AI yang paling diminati oleh berbagai orang di seluruh dunia. Chat GPT adalah sistem chatbot yang berbasis pada kecerdasan buatan. Di dalamnya, pengguna dapat memberikan instruksi atau mengajukan pertanyaan apapun melalui obrolan, dan sistem akan memberikan jawaban yang lengkap dan jelas. 

Chat GPT hadir sebagai sistem teknologi canggih yang mampu menjawab setiap pertanyaan atau instruksi yang diajukan oleh penggunanya. Alat kecerdasan buatan ini diperkirakan memiliki algoritma yang lebih kompleks daripada yang dimiliki oleh Google.

Canva Text to Image

Canva Text to Image adalah tools AI yang dapat mengubah imajinasi atau gagasan menjadi gambar yang nyata. Pengguna hanya perlu memasukkan beberapa kata, kemudian kata-kata tersebut akan diubah menjadi gambar yang siap digunakan. Dengan kata lain, pengguna hanya perlu menjelaskan atau menyampaikan gambar yang ada dalam pikiran mereka dalam bentuk teks. 

Setelah itu, teks akan diubah menjadi gambar yang sesuai dengan deskripsi yang Anda masukkan. Menariknya lagi, gambar yang dihasilkan oleh tools ini bukanlah gabungan dari beberapa gambar. Alat ini sangat berguna bagi para pembuat konten yang ingin membuat konten visual atau gambar dari awal.

Synthesia

Synthesia adalah tools AI yang mampu secara otomatis membuat video dan audio berdasarkan teks menggunakan kecerdasan buatan. Saat ini, terdapat lebih dari 40 avatar yang dapat dipilih dari berbagai database. Bahkan pengguna juga dapat membuat avatar sendiri dalam tools ini. 

Synthesia juga memiliki kemampuan untuk mengubah latar belakang. Alat kecerdasan buatan ini juga terintegrasi dengan Unsplash dan Pexels. Dengan demikian, pengguna hanya perlu memilih kanal yang tersedia untuk mengunggah konten yang telah dibuat.

Tome AI

Tome AI merupakan tools AI yang memungkinkan Anda untuk membuat presentasi yang menarik dengan cepat dan dengan mudah. Prosesnya cukup sederhana, Anda hanya perlu memasukkan topik materi yang diinginkan. 

Kemudian tools ini akan menghasilkan file presentasi yang berisi semua materi yang Anda butuhkan. Tome AI sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membuat presentasi untuk branding dengan tampilan yang lebih profesional, terutama dalam hal desain sampul.

VEED.IO

VEED.IO adalah salah satu pilihan tools AI yang menarik bagi para content creator yang sering memproduksi konten dalam format video. Di sini, Anda juga dapat secara otomatis menambahkan teks terjemahan, efek khusus, menggabungkan klip, dan melakukan berbagai jenis pengeditan lainnya. 

Alasan mengapa banyak orang menyukai VEED.IO adalah karena kemudahannya dalam penggunaan, bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam mengedit video. Namun kustomisasi VEED.IO masih memiliki batasan dalam versi gratisnya dan perlu berlangganan untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur yang lebih lengkap.

Adobe Enhance Speech

Adobe Enhance Speech adalah tools AI yang dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas suara pada audio. Dengan alat ini, suara Anda dapat menjadi lebih jelas hanya dengan satu kali klik. Anda hanya perlu mengimpor suara yang ingin Anda perbaiki ke dalam Adobe Enhance Speech. Kemudian dengan sekali klik, Anda akan mendapatkan suara yang lebih jelas atau jernih.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tools ai untuk content creator yang dapat memudahkan produksi konten. Dengan adanya sejumlah tools di atas, Anda akan menjadi content creator yang lebih produktif dan bisa menghemat waktu, tenaga, dan pikiran.  

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.