Resmi! Huawei Mate X2 Bakal Diumumkan 22 Februari Mendatang
Huawei Mate X (Slashgear)

Bagikan:

JAKARTA - Huawei bersiap meluncurkan penerus ponsel layar lipatnya, Mate X yang dirilis pada Februari 2019. Kini, dua tahun kemudian, perusahaan dikabarkan sedang bersiap mengadakan peluncuran smartphone layar lipat terbarunya.

Berdasarkan bocoran dari Digital Chat Station dan dibagikan lewat Weibo, ponsel anyar ini kemungkinan bakal diberi nama Huawei Mate X2. Dari namanya, bisa dibilang bahwa seri ini merupakan penerus langsung seri Mate X.

Tak selang lama usai Digital Chat Station membagikan bocoran, pengumuman resmi dibagikan pihak Huawei melalui akun Weibo perusahaan.

Poster peluncuran Huawei Mate X2 (Weibo @Huawei)

Dalam postingan berbentuk video teaser, Huawei mengkonfirmasi keberadaan ponsel layar lipat terbaru sekaligus membagi pengumuman peluncuran yang sedianya bakal dilaksanakan pada 22 Februari mendatang.

Hanya saja, tampaknya penggemar Huawei yang berada di luar China tak akan bisa mencicipi smartphone flagship anyar ini. Seperti sudah diketahui, Mate X tak pernah didistribusikan di luar pasar China. Hal itu pula yang membuat banyak pengamat percaya bahwa strategi yang sama bakal diterapkan pada Mate X2.

Selain itu larangan dagang dari Amerika Serikat kepada Huawei membuat semua perangkat tidak bisa menjalankan aplikasi Google. Sehingga, meskipun perusahaan memutuskan untuk menjual seri Mate X2 di pasar luar negeri, tampaknya ponsel ini akan sulit laku.

Dampak lain dari larang tersebut membuat kontrak dengan produsen chip seperti TSMC dan Samsung tidak bisa mempoduksi HISilicon.Alhasil memaksa raksasa teknologi China ini untuk menggunakan seri Kirin 9000 atau seri lain yang sudah dipesan sebelum larangan tersebut diberikan.

Faktor-faktor itulah yang membuat Huawei kemungkinan besar bakal meluncurkan Mate X2 dalam jumlah besar serta tak akan dijual di luar China. Kecuali ada perubahan besar yang akan terjadi dalam beberapa hari mendatang. Contohnya seperti pencabutan larangan dagang.

Sedangkan untuk bagian layar, masih belum kentara jenis apa yang bakal digunakan. Jika melihat pendahulunya, Mate X, yang menggunakan panel BOE, kiranya Huawei tetap menerapkan teknologi yang sama.

Patut diingat, spesifikasi di atas masih bersifat perkiraan saja. Sejauh ini, perusahaan belum bersedia membagikan keterangan yang lebih lengkap mengenai ponsel anyarnya ini. Oleh karena itu, untuk spesifikasi yang lebih jelas, kita tunggu saja hingga Huawei meluncurkan Mate X2 pada 22 Februari mendatang.