Intip Daftar Kemampuan Otomatisasi Baru Google Home!
Google meluncurkan berbagai kemampuan otomatisasi rumah baru di aplikasi Home (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan berbagai kemampuan otomatisasi rumah baru di aplikasi Home untuk semua pengguna, serta beberapa fitur di editor skrip bagi mereka yang terdaftar di Pratinjau Publik.

Sekarang, pengguna dapat mengambil tindakan dan memulai aktivitas setiap hari langsung dengan serangkaian permulaan dan tindakan baru yang tersedia di tab Otomatisasi pada aplikasi Google Home.

Permulaan dan tindakan baru tersedia untuk fitur Rutinitas Rumah Tangga. Pengguna bisa menyiapkan sensor termasuk suhu, kelembapan, kontak, dan hunian di ekosistem Google Home serta menggunakannya dalam otomatisasi.

Tindakan baru pun meliputi, buka atau menutup perangkat, seperti jendela, pintu dan tirai. Misalnya saja, jika pengguna ingin membuka tirai pada jam 7 pagi, kemudian di jam 10 malam, pengguna bisa menutup tirai.

Pengguna juga bisa mengatur tindakan untuk menyambungkan perangkat seperti, penyedot debu, alat pel, atau mesin pemotong rumput kapan pun mereka inginkan.

Pembaruan perangkat lunak, seperti pada router WiFi juga dapat dilakukan, untuk membantu perangkat meningkatkan keamanan dan kinerja dengan tindakan ini dengan menetapkan jadwal pembaruan perangkat lunak.

Selain itu, editor skrip sekarang mendukung permulaan acara kamera, pemberitahuan khusus, dan penekanan permulaan.

Peristiwa kamera mencakup deteksi paket datang, deteksi wajah familiar, gerakan, dan deteksi hewan peliharaan. Misalnya saja saat seekor kucing terdeteksi, pengguna dapat memutar musik yang menenangkan untuk membantu hewan peliharaan rileks.

Pengguna juga dapat menyiapkan Chromecast dengan Google TV untuk memutar acara TV ramah kucing. Terdapat pula kemampuan untuk membuat notifikasi telepon khusus dan penekanan starter, di mana TV hanya menyala ketika pertama kali hewan peliharaan berjalan di depan kamera.

Google mengklaim fitur Beranda dan editor skrip baru mulai diluncurkan hari ini untuk pengguna Android, iOS, atau web, seperti dikutip dari The Verge, Selasa, 29 Agustus.